Diet Bebas Gluten

Bagi mereka yang menderita intoleransi gluten, sensitif terhadap gluten atau menderita penyakit seliak, aneka roti, pasta, kue dan camilan yang mengandung terigu sudah pasti harus dieliminasi dari menu sehari-hari. Akibatnya, apa yang bisa dimakan jadi terbatas dan mereka jadi susah mencari camilan.

Efek positifnya, selain keluhan penyakit hilang, berat badan juga menjadi berkurang. Maka dari itu, ada juga orang-orang yang tidak ‘bermasalah’ dengan gluten jadi ingin mencoba diet bebas gluten.
Peter H.R. Green, MD, direktur Celiac Disease Center di Columbia University, AS, tidak menyarankan diet tersebut bagi orang sehat.

Gluten sendiri memang tidak mengandung nutrisi yang istimewa, tapi makanan dari whole grains (yang berarti mengandung gluten) umumnya juga mengandung serat, vitamin B dan zat besi, yang pastinya sangat sayang kalau harus dikeluarkan dari menu sehari-hari.

Alasan lain, makanan bebas gluten biasanya lebih mahal. Karena itu, kalau Anda sehat dan tidak harus berpantang jenis makanan tertentu, lebih baik mengonsumsi aneka jenis sumber karbohidrat (termasuk yang mengandung gluten), aneka jenis sumber protein, dan sayuran serta buah-buahan agar kebutuhan nutrisi tercukupi secara seimbang.

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Diet Bebas Gluten

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia