Ramadan dan Lebaran Aman di Tengah Pandemi Covid-19


 

Perasaan sedih mungkin tersirat saat Anda menyambut Ramadan kali ini. Pandemi ini membuat Anda dan keluarga tak bisa menjalani ibadah berjamaah dalam jumlah besar maupun tradisi yang melibatkan banyak orang seperti yang sudah-sudah.
 
Akan tetapi, penting bagi Anda untuk tetap menjalankan protokol kesehatan maupun berbagai anjuran pemerintah untuk menekan laju penyebaran virus corona atau Covid-19. Berikut ini adalah panduan agar Anda dan keluarga bisa menjalankan Ramadan dengan aman:


1. Salat di Rumah

Kementerian Agama mengeluarkan surat edaran Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441H di tengah Pandemi Covid-19 yang salah satu poinnya berisi anjuran untuk salat tarawih secara individual maupun berjamaah bersama keluarga di rumah saja. Ini juga berlaku untuk salat Idul Fitri.

2. Buka Puasa dan Sahur di Rumah

Masih dari surat edaran tersebut, buka puasa dan sahur dianjurkan di rumah bersama keluarga inti. Jangan melakukan acara buka bersama maupun sahur on the road seperti yang sudah menjadi tradisi selama bulan Ramadan.

3. Maksimalkan Ibadah di Rumah

Surat edaran Kementerian Agama tersebut juga mencantumkan anjuran peniadaan tilawah atau tadarus Al Quran serta peringatan Nuzulul Quran. Oleh karenanya, maksimalkan sendiri ibadah di rumah dengan keluarga, sekaligus untuk meningkatkan bonding semua anggota keluarga.

4. Memasak Sendiri di Rumah

Untuk memastikan keamanan makanan yang dikonsumsi keluarga, sebaiknya upayakan memasak sendiri semua hidangan di rumah.

5. Kurangi Frekuensi Keluar Rumah

Kurangi frekuensi keluar rumah untuk belanja dengan menerapkan strategi belanja mingguan. Meminimalisir keluar rumah akan membantu Anda terhindar dari persebaran virus corona. Pakailah masker saat harus keluar rumah dan selalu praktikkan kebersihan personal.

6. Bila Harus Pesan Makanan

Bila harus memesan makanan dari luar karena tak sempat makan, pastikan Anda membersihkan atau mendisinfeksi terlebih dahulu bungkus dan semua kemasannya dan segera pindahkan ke wadah makanan Anda sendiri. Hindari memakan langsung makanan dari kemasannya. Bila Anda merasa perlu, hangatkan kembali makanan yang telah Anda beli.

7. Manfaatkan Teknologi

Anda bisa mengikuti tausiah atau berbagai kajian lewat online.

8. Hindari Takbir Keliling

Ini sudah menjadi tradisi umat Islam di Indonesia pada malam Idul Fitri. Akan tetapi, untuk keamanan semua orang, kumandangkan takbir sendiri di dalam rumah.

9. Tidak Mudik

Pemerintah sudah mengeluarkan larangan mudik untuk mencegah penyebaran virus corona yang semakin luas. Oleh karenanya, berbesar hatilah untuk tidak dapat bertemu dengan keluarga besar dulu pada Lebaran kali ini. Jaga juga ART di rumah Anda untuk tidak mudik.

10. Silaturahmi Online

Walaupun tak bisa bertemu secara fisik, tak berarti Anda tak bisa bersilaturahmi dengan keluarga besar dan rekan lainnya. Kehadiran teknologi membantu keluarga dan Anda tetap terhubung di kondisi pandemi.
 
Yang tak kalah penting juga jangan terlalu larut dalam kesedihan. Tidak hanya Anda yang menghadapi kondisi ini. Kita semua menghadapinya bersama. Larut dalam kesedihan hanya akan membuat Anda rentan stres dan mengalami penurunan imunitas. Pertahankan ketenangan dan upayakan kebahagiaan untuk diri Anda masing-masing.
 

Baca juga:
Hindari Melakukan Ini saat Puasa
Cara Lain Mempercantik Rumah Jelang Lebaran
Penyebab Boros Saat Lebaran
6 Trik Lebih Hemat Belanja Baju Lebaran
Banyak Pengeluaran Bulan Ramadhan, Lakukan Ini Agar THR Tak Cepat Habis
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK

 
 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #covid-19

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Ramadan dan Lebaran Aman di Tengah Pandemi Covid-19

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia