Kopi Seduh Panas & Cold Brew, Mana yang Lebih Baik?


 

Belakangan cold brew semakin populer. Anda yang tak suka minuman panas atau ingin yang lebih segar mungkin akan menyukainya. Akan tetapi, adakah perbedaan antara keduanya?
 
Berbeda dengan Es Kopi
Walaupun sama-sama disajikan dingin, akan tetapi cold brew berbeda dengan es kopi. Es kopi hanyalah kopi yang diseduh dengan air panas biasa namun telah didinginkan atau ditambahkan es.
 
Sedangkan, cold brew memiliki proses pembuatan yang berbeda. Cold brew terbuat dari konsentrat kopi, yakni dengan merendam kopi bubuk ke dalam air selama 12 jam atau semalam.
 
Rasanya Berbeda
Cold brew memiliki rasa yang jauh lebih kuat daripada kopi hangat biasa. Oleh karenanya, beberapa orang menambahkan susu untuk mencairkan rasanya.
 
Akan tetapi, ahli diet dan penulis buku Eat More Plants, Desiree Nielsen, R.D., mengatakan bahwa cold brew umumnya kurang pahit bila dibandingkan dengan kopi hangat. “Ini mungkin juga memiliki rasa yang sedikit lebih manis daripada kopi yang diseduh," ujarnya.
 
Kandungannya Berbeda
Cold brew 65% lebih asam bila dibandingkan dengan kopi yang diseduh dengan air panas. Ini membuatnya lebih ramah usus. Bila Anda memiliki perut yang lebih sensitif atau refluks asam, Anda bisa memilihnya.
 
Sementara, kopi yang diseduh dengan air panas mengandung senyawa asam klorogenat yang bermanfaat memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kopi hangat juga terbukti menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, depresi, lemak tubuh, dan risiko diabetes tipe-2.
 
Bila membicarakan soal kafein, cold brew memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kopi yang diseduh air panas biasa. Ini disebabkan, kopi dingin butuh lebih banyak bubuk kopi serta waktu penyeduhan yang lebih lama dari kopi hangat biasa. Jadi bila Anda ingin mengurangi kafein, kopi biasa akan membantu.
 
 
Baca juga:
5 Bahan untuk Membuat Kopi Anda Lebih Sehat
Usia Berapa Anak Boleh Minum Kopi?
Benarkah Kopi Bisa Cegah Anak Kejang?
Kopi Turunkan Kolesterol
Resto: Aroma Cokelat dan Kopi di Kakolait
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: UNSPLASH

 
 
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Kopi Seduh Panas & Cold Brew, Mana yang Lebih Baik?

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia