Trik Memanggang Kue Antigagal


 

Memanggang kue itu gampang-gampang susah. Kadang, hasil panggangan sebuah kue bisa saja berbeda dari hasil panggangan sebelum-sebelumnya, padahal Anda sudah biasa membuatnya. Tak hanya itu, ada saja masalah yang muncul, seperti kue terlalu keras, atau kadang di luar sudah kering namun bagian dalamnya malah nampak seperti belum matang, lengket di loyang, dan lainnya.
 
Nah, kesalahan dalam memanggang kue tidak bisa diartikan karena kesalahan mengoven saja, melainkan harus dilihat juga kesalahan-kesalahan saat proses pembuatan adonan. Berikut ini adalah trik agar hasil panggangan kue Anda sukses:
 
Gunakan Suhu Ruangan untuk Semua Bahan
Ternyata, untuk menghasilkan adonan yang lembut diperlukan bahan-bahan dalam suhu ruangan. Mentega yang terlalu dingin atau terlalu hangat tidak akan menghasilkan kue yang lembut. Sementara itu, menuangkan susu dingin atau telur yang baru saja dikeluarkan dari kulkas akan membuat tekstur mentega yang kental tapi lembut menjadi padat.
 
Tip: Untuk mendapatkan suhu yang tepat, keluarkan bahan seperti mentega dan susu dari kulkas 45 menit sebelum Anda mulai membuat kue. Bila Anda menyimpan telur dalam kulkas, keluarkan dan rendam dalam semangkuk air hangat selama 5 menit.
 
Pisahkan Telur Saat Dingin
Jika Anda membuat kue yang membutuhkan telur terpisah, lakukan dalam kondisi telur dingin. Lakukan sebelum membawa telur ke suhu ruangan. Kuning telur dan putih telur akan terpisah lebih mudah tanpa bercampur saat dingin.
 
Mengocok Telur
Mengocok telur perlu dilakukan dengan kecepatan yang bertahap, mulai dari pelan, sedang, hingga cepat sampai menjadi berbusa. Jika Anda membutuhkan lebih dari satu telur dalam resep, pastikan Anda memasukkan dan mengocoknya satu per satu.
 
Ayak Tepung
Mengayak tepung terlebih dahulu sebelum dikocok atau dicampur dengan bahan lain dapat memastikan bahwa tidak akan ada tepung yang menggumpal.
 
Ballon Whisk untuk Mengocok Tepung
Ballon whisk memungkinkan udara masuk ke dalam adonan sehingga dapat memberi hasil kue yang lebih ringan. Kocok dengan lembut saja karena bila Anda mengocok dengan terlalu keras akan melumpuhkan udara dan menghasilkan kue yang berat.
 
Siapkan Loyang
Kue apa pun yang Anda buat, jangan lupa untuk selalu memberikan selembar alas kertas perkamen. Olesi dengan mentega dan taburkan tepung secara merata untuk menghindari kue terlalu gosong atau menempel di loyang setelah matang.
 
Ratakan Bagian Atas Kue
Setelah menuangkan semua adonan ke dalam loyang, jangan lupa untuk meratakan bagian atas kue dengan spatula. Kondisi permukaan atas yang rata akan membantu memudahkan memanggang secara merata.
 
Menyiapkan Oven
Panaskan oven setidaknya 20 menit sebelum digunakan. Oven yang berbeda memiliki titik panas yang berbeda-beda. Ada baiknya Anda selalu meletakkan adonan di rak tengah oven.
 
Memanggang
Anda tidak disarankan membuka pintu oven terlalu sering karena dapat membuat kue mengempis. Sebaiknya, Anda mengatur timer oven 10 menit lebih awal daripada yang tertulis di resep untuk memeriksa kematangan. Ada baiknya untuk memeriksa lebih awal untuk menghindari overbaking. Bila ternyata kematangan masih kurang, tambahkan lagi waktunya.
 
Pendinginan
Biarkan kue tetap berada di loyang selama 10-15 menit. Setelahnya keluarkan dan diamkan dulu. Kue seperti sifon cake, sponge, atau cheese cake harus didiamkan dulu untuk menghindari runtuh.
 
Sudah menyiapkan bahan-bahan? Yuk, mulai!
 
 
Baca juga:
Perlu Diperhatikan Ini Saat Memasak
Pastry Buah Panggang ala Chiellyn Ashley
Resep: Ayam Panggang Saus Jeruk
Resep: Sate Roti Panggang
Resep: Ikan Panggang Tabur Remah Garing
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Trik Memanggang Kue Antigagal

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia