6 Nilai yang Harus Ditanamkan pada Anak Laki-laki


Anak laki-laki selalu dianggap harus kuat, tangguh, dan berani. Sebetulnya, bukan hanya itu saja karakter yang perlu ditumbuhkan orang tua pada anak laki-lakinya. Ada banyak karakter lain yang perlu ditanamkan pada anak-anak kita agar kelak menjadi laki-laki dewasa yang berkualitas, misalnya saja nilai-nilai kasih sayang.
 
Rick Johnson, praktisi pengasuhan dan penulis buku Better Dads, Stronger Sons, menyebutkan beberapa nilai yang perlu ditanamkan pada anak laki-laki sejak dini:
 
1. Ketekunan
Kesuksesan lahir dari ketekunan dalam menghadapi kesulitan. Rick mengatakan bahwa anak laki-laki harus belajar bertahan dalam menghadapi kesulitan sekarang jika mereka ingin berhasil di kemudian. Untuk menanamkan nilai-nilai ini, orang tua juga harus konsisten untuk tidak terlalu ringan tangan membantu anak-anaknya saat menghadapi kesulitan. Berikan mereka kesempatan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dan bimbing saat mereka meminta bantuan.
 
2. Dapat Dipercaya
Seorang laki-laki harus bisa dipercaya. Ajarkan ia untuk selalu menepati janjinya, berkomitmen dalam setiap tugas yang diberikan kepadanya, dan bertanggung jawab apabila ada kesalahan. Bicarakan dengannya betapa pentingnya kepercayaan orang lain dan bahwa ia bisa rusak begitu saja bila dilanggar.
 
3. Keberanian
Ajarkan anak laki-laki Anda untuk berani menyampaikan pendapatnya, mempertahankan keyakinannya, membela sesuatu yang dianggap benar bahkan ketika itu mungkin akan menghadirkan rasa sakit, kesedihan, atau konsekuensi negatif.
 
4. Kasih sayang
Setiap laki-laki harus bisa memanajemen kasih sayang seperti bersikap lembut dan penuh empati pada siapa pun. Mereka harus bisa melihat dan memahami masalah orang lain dari perspektif mereka masing-masing.
 
5. Disiplin
Disiplin akan menjadikan seorang anak laki-laki berhasil. Anak-anak yang terbiasa disiplin akan mampu mengatur dirinya sendiri dan cenderung solutif.
 
6. Kejujuran
Beritahukan pada anak laki-laki Anda bahwa Anda mengharapkan kejujuran darinya setiap saat, bahkan ketika dia telah membuat pilihan yang buruk. Ajarkan mereka untuk jujur pada diri sendiri terlebih dahulu. Orang yang jujur pada diri sendiri akan mampu jujur pada orang lain.
 
 
Baca juga:
Gaya Pengasuhan Papa pada Anak Laki-laki
7 Hal Penting Ini Perlu Papa Contohkan Pada Anak Laki-Lakinya
7 Kiat Mendisiplinkan Anak Tanpa Kekerasan
Cara Papa Mengajarkan Anak Disiplin
Ajarkan Anak Jadi Pemberani
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK

 
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

6 Nilai yang Harus Ditanamkan pada Anak Laki-laki

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia