8 Ide Menghasilkan Uang untuk Anak-anak


 

Setelah belajar mengenal uang di usia prasekolah dan berlatih menabung serta membelanjakannya dengan tepat di usia TK sampai awal SD, kini Anda bisa mengajarkan mereka untuk menghasilkan uang sendiri. Dari sini, mereka akan tahu dan mengalami sendiri bahwa mencari uang bukanlah perkara mudah. Akan tetapi, Anda tentu tidak bermaksud mempersulit mereka dengan melakukan ini. Sebab, Catherine Treme, penulis keuangan pribadi di Money Life, LLC., Chicago, AS, mengatakan bahwa kegiatan ini dapat melatih semangat kewirausahaan sejak dini.
 
Apa saja ide yang bisa dilakukan anak-anak untuk menghasilkan uang sendiri?

1. Mengelola Garage Sale

Apakah Anda salah satu Mama yang mungkin senang berkunjung ke garage sale atau bahkan menikmati hasil dari mengadakan garage sale? Kalau ini dilakukan anak-anak, memangnya mereka bisa? Percayalah, Ma, anak-anak Anda cerdas. Mengelola garage sale akan mengasah keterampilan manajemen proyek mereka.
 
Si kecil bisa diarahkan untuk mengajak teman-teman lain ikut berkolaborasi. Mereka dapat menjual komik yang sudah mereka baca habis, baju atau sepatu yang sudah tidak mereka suka, atau boneka dan mainan mereka. Mereka akan menikmati mendapatkan hasil dari menjual benda-benda tersebut. Di samping itu, cara ini juga bisa dilakukan di proyek akhir tahun sekolah.

2. Jual Kerajinan Tangan

Anak Anda suka membuat karya seni? Tempat pensil dari kardus bekas pakai, baju boneka dari kain perca, pembatas buku, vas bunga yang dilukis sendiri bisa jadi menarik untuk dijual. Ini juga dapat membantu mereka lebih mengembangkan kreatifitasnya. Bantu mereka untuk menawarkannya di media sosial. Atau, beritahu mereka untuk membawanya ke bazar atau pameran.

3. Bisnis Kaus

Apakah si kecil Anda kreatif dan secara intuitif tahu apa yang diinginkan orang? Jika iya, pertimbangkan untuk memulai bisnis kaus. Ia bisa memulainya dengan skala kecil dari orang per orang. Perlahan bisa dikembangkan untuk menawarkan kaos dalam jumlah yang lebih banyak, misalnya saja untuk regu basket di sekolahnya, kaos kelasnya, dan lain-lain.

4. Jual Aksesori

Anak perempuan biasanya suka pernak-pernik lucu. Anda bisa mengarahkan mereka untuk membuat aksesori seperti kalung, gelang, atau gantungan kunci untuk dijual pada teman-temannya.

5. Jual Makanan Ringan

Ini adalah langkah mengajari anak-anak tentang seluk beluk bisnis sederhana. Beli makanan ringan dalam ukuran kilo atau bal untuk mereka. Lalu kemas lagi ke dalam plastik-plastik kecil untuk dijual. Dari sini, si kecil dapat belajar tentang cara menentukan harga jual dan keuntungan. Ia juga akan belajar untuk menghitung jumlah produk yang harus ia jual untuk menutup modal.

6. Jualan Hasil Masakan

Bila tadi hanya berdagang makanan jadi, tak ada salahnya mengarahkan aksi si kecil di dapur untuk diubah menjadi uang. Bila si kecil suka memasak, Anda bisa membantunya mengemas dengan baik untuk dijual. Hasil masakan ini bisa berupa apa pun: kue, makanan sehat, atau minuman segar.

7. Jasa Nail Art

Bila si kecil telaten menghias kuku, beri modal berupa beberapa warna cat kuku. Biarkan ia menawarkan jasa nail art untuk menghasilkan uang.

8. Jual Bingkisan

Bila anak Anda terampil menata sesuatu, beri ia ide untuk menjual bingkisan seperti bingkisan ulang tahun. Ia bisa mengisinya dengan snack, susu, suvenir, bunga, atau cokelat. Ajak ia membuat sampel dan sebarkan kepada orang terdekat. Siap-siap pesanan menanti!
 
Aktivitas ini akan melatih mereka untuk mandiri secara finansial dan lebih bijak dalam mengeluarkan uang. Di samping itu, mereka akan lebih mampu mengenali kelebihannya. Di samping itu, juga bisa melatih kemampuan berinteraksi mereka saat memasarkan produknya. “Memiliki sedikit pemikiran kreatif dan mengetahui bakat alami mereka tidak hanya terbukti menguntungkan bagi anak Anda, tetapi dapat membantu mereka mempelajari keterampilan baru dan mengasah bakat mereka juga,” ujar Catherine.
 
 
Baca juga:
Cara Sederhana Ajarkan Anak Berbisnis
Ajarkan Anak Berbisnis
Ciptakan Personal Branding untuk Tingkatkan Bisnis
Cara Memulai Bisnis Online
Aturan Berbisnis dengan Teman
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY
 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

8 Ide Menghasilkan Uang untuk Anak-anak