Cara Mudah Anak Belajar Tentang Waktu


Ada begitu banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan erat dengan waktu, dan Anda dapat mengajarkan hal itu kepada anak – sesuai usianya – dengan mudah, kok.

- 5-6 TAHUN. Anak belajar bertanya ‘berapa lama’ dan menggunakan berbagai kata (sebelum, setelah, hari ini, kemarin, besok, pagi, siang, dll). Ia juga berusaha mengurutkan hari-hari dalam seminggu dan mengerti mengapa rutinitas di akhir pekan sangat berbeda dengan hari-hari biasa. Agar anak mudah menghapal waktu, bantu dengan cara meletakkan kalender di atas komputer atau dapur. Pilih kalender yang memiliki kotak cukup besar bagi anak untuk menulis aktivitas keluarga, seperti les balet pada hari Rabu, olahraga di sekolah pada hari Senin, ulang tahun sepupunya pada Minggu pagi, dll.

- 7- 8 TAHUN. Anak sedang belajar waktu, seperti setengah jam, satu jam, dll. Mereka membandingkan durasi dari suatu peristiwa, jumlah hari dalam sebulan, dan urutan bulan dalam setahun. Misalnya, “Sekolah dimulai pada pukul 7 dan istirahat pada pukul 9.30.” Bantu ia belajar dengan cara membelikan jam tangan. Atau, minta anak membantu mengatur timer pada oven atau microwave saat Anda memasak.

Baca juga: Waktu Terbaik Anak Belajar Tentang Disiplin

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Cara Mudah Anak Belajar Tentang Waktu

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia