Hindari Junk Food Untuk Sarapan

Beraneka macam makanan beku siap saji seperti nugget, sosis, dan kentang goreng memang merupakan pilihan yang mudah untuk sarapan. Kerenyahan dan cita rasanya yang gurih menjadikan makanan-makanan tadi hampir pasti disukai oleh setiap anak. Sayangnya, meski begitu disukai, jenis-jenis makanan tersebut tergolong jenis junk food yang tidak banyak memberikan manfaat bagi tubuh dan kesehatan anak. Bahkan ternyata, menurut Letty Shiu dari Divisi Kesehatan Remaja, Health Promotion Board di Singapura, makanan-makanan tadi justru menjadi penyebab utama kondisi obesitas pada anak.

Menurut Shiu, kandungan karbohidrat sederhana di dalam makanan manis akan diserap lebih cepat oleh tubuh dibandingkan jenis karbohidrat kompleks. Akibatnya, meski sudah sarapan, anak akan lekas merasa lapar kembali. Nilai IG yang tinggi dalam junk food juga bisa membuat kadar gula darah melesat tinggi namun merosot drastis dalam waktu cepat. Bukan hanya itu, makanan beku siap saji juga sering kali mengandung garam dan pengawet dalam jumlah tinggi, namun tidak mengandung vitamin dan serat yang diperlukan tubuh.

Coba ini: Daripada memenuhi lemari es dengan beraneka produk makanan beku, lebih baik Anda meluangkan waktu untuk membuat nugget dari daging giling yang dibumbui sendiri, agar Anda bisa mengontrol kualitas daging yang digunakan serta kadar garam di dalamnya. Ketimbang membeli tepung pancake siap pakai, Anda juga bisa membuat sendiri adonan kering pancake yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Tinggal tambahkan susu dan telur jika ingin memasaknya untuk sarapan si kecil.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Hindari Junk Food Untuk Sarapan

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia