Merawat Anak Terkena Campak

Anak terkena campak, apa yang perlu Mama lakukan untuk merawatnya?

Cara merawatnya: Tak ada pengobatan khusus untuk campak. Anak hanya diminta beristirahat dan makan makanan bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya. Dalam waktu 4 - 7 hari setelah ruam muncul, biasanya penyakit mulai mereda.

Mama bisa memberi parasetamol atau ibuprofen untuk meredakan demam. Jika terjadi infeksi bakteri, dokter akan memberi antibiotika. Jika dirasakan perlu, dokter akan memberi antivirus dan vitamin penambah daya tahan tubuh.

Pencegahan: Pastikan si kecil memenuhi jadwal vaksin campak berikut booster-nya. Vaksin bisa berupa vaksin campak saja atau diberikan dalam bentuk kombinasi dengan gondongan dan campak Jerman (vaksin MMR/Mumps, Measles, Rubella). Minta si kecil banyak beristirahat di rumah ketika wabah campak sedang meluas.

Tip untuk Mama: Pada puncak penyakit, anak berisiko mengalami kejang demam atau mimisan lantaran suhu tubuh yang tinggi. Mama bisa mencegahnya dengan memberi banyak air minum dan kompres air hangat. Jika tetap terjadi, tak perlu panik. Bawa si kecil segera ke dokter dan selipkan gulungan handuk kecil ke dalam mulutnya, untuk mencegah ia menggigit lidahnya sendiri.