Pencernaan Baik, Tumbuh Kembang Anak Optimal


 

Sudah pernah dengar inulin, Ma? Inulin adalah serat pangan yang tergolong dalam jenis prebiotik dengan manfaat yang baik bagi keseimbangan bakteri baik di dalam pencernaan. Pencernaan yang sehat tentu dapat mengoptimalkan penyerapan berbagai nutrisi yang penting untuk pertumbuhan si kecil.
 
Head of Medical KALBE Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur mengatakan bahwa pencernaan atau metabolisme sering disebut sebagai the second brain yang bertugas mengatur penyerapan nutrisi untuk pertumbuhan si kecil sekaligus perkembangan otaknya.
 


 

Sayangnya, banyak ibu yang mungkin belum tahu bahwa nutrisi yang masuk ke tubuh si kecil bisa lewat begitu saja jika tidak ada penyerapan yang baik. Oleh karenanya, Anda bisa mendukung pencernaan si kecil dengan memberinya berbagai asupan berikut:

1. Bawang Merah

Selain mengandung inulin, bawang merah juga mengandung fructooligosaccharides (FOS) yang sama-sama dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran cerna si kecil. Selalu gunakan bawang merah sebagai kombinasi bumbu ketika memasak untuk si kecil ya, Ma.

2. Pisang

Buah yang kaya vitamin C, B, serta kalium ini juga merupakan sumber serat pangan inulin yang berfungsi menjaga buang air besar si kecil tetap lancar. Anda bisa mengolah pisang menjadi smoothies, kue, atau sajikan utuh saja.

3. Apel

Buah dengan warna menarik yang manis ini juga mengandung prebiotik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak.

4. Asparagus

Selain mengandung inulin, asparagus juga kaya berbagai vitamin dan mineral seperti magnesium, fosfor, sodium, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, dan vitamin A.

5. Susu Cair

Kombinasi antara susu dan prebiotik dari inulin bisa Anda temukan pada produk dairy, seperti susu cair Morinaga Chil*Go! Selain mengandung inulin, Morinaga Chil*Go! juga mengandung mikronutrien seperti sembilan vitamin dan lima mineral. Anda bisa memilih berbagai carian rasa seperti original, cokelat, stroberi, vanila, dan melon yang pasti disukai anak-anak.
 

Baca juga:
Kebutuhan Serat Anak
Agar Kebutuhan Serat Anak Terpenuhi
Kebutuhan Serat Anak dalam Sehari
Penyebab Anak Kurang Asupan Serat
Rahasia Gizi Seimbang Anak Aktif
 
 
LELA LATIFA
FOTO: DOK. MORINAGA, FREEPIK

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Pencernaan Baik, Tumbuh Kembang Anak Optimal

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia