Resmi! Anak 6-11 Tahun Bisa Divaksin COVID-19

vaksin covid-19 untuk anak-anak


Setelah memberikan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 pada anak di atas usia 12 tahun, akhirnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi mengeluarkan izin yang sama untuk vaksin Sinovac bagi anak usia 6-11 tahun, pada Senin (1/11/2021). Izin tersebut berlaku baik untuk CoronaVac dan vaksin Covid-19 Bio Farma. Hal ini tentu menjadi kabar gembira yang sudah ditunggu oleh banyak orang tua.
 
Pemberian vaksin pada anak-anak tentu menjadi sangat penting mengingat kasus konfirmasi positif COVID-19 pada anak usia 6-18 tahun mencapai 10,1% per 1/11/2021. Apalagi, menurut Kepala BPOM, Penny Lukito, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di beberapa daerah juga sudah dilaksanakan. Inilah yang menjadi urgensi mengapa anak usia 6-11 tahun juga harus diprioritaskan untuk diberi vaksin COVID-19.
 
Baca juga: Klaster Sekolah Meningkat, Apa Saja Gejala COVID-19 yang Paling Sering Muncul pada Anak

Serba-Serbi Vaksin COVID-19 untuk Anak 6-11 Tahun
Mama-Papa pasti bertanya-tanya bagaimana kemanjuran maupun keamanan vaksin Sinovac ini untuk anak usia 6-11 tahun? Disampaikan oleh Penny, vaksin ini dinilai aman. Berdasarkan studi klinis fase 1, 2, dan 2b, imunogenitas vaksin ini mencapai 96%. Sementara, seroconversion rate atau perkembangan antibodi dari vaksin ini (28 hari setelah dosis kedua) mendekati 100%.
 
Untuk efek samping dari vaksin ini sama dengan vaksin Sinovac untuk anak usia 12-17 tahun yang sudah dinyatakan aman sebelumnya. Kejadian Ikutan Pasca Imuniasai (KIPI) setelah divaksin terbanyak berupa nyeri ringan dan sedang pada lokasi penyuntikan dan demam.
 
Sementara, vaksin COVID-19 untuk anak di bawah usia 6 tahun sampai sekarang belum tersedia karena BPOM masih membutuhkan data yang lebih lengkap. Vaksinasi untuk anak usia dini butuh kehati-hatian.

Lalu, kapan vaksinasi ini akan dimulai? Mama-Papa masih harus bersabar terlebih dahulu. Sebab vaksinasi COVID-19 untuk anak 6-11 tahun masih harus menunggu  tahun depan karena memerlukan persiapan seperti ketersediaan vaksin serta pelatihan untuk vaksinatornya.
 
Baca juga:
15 Tanya-Jawab Penting tentang Vaksin Anak 12-17 Tahun
Belajar dari Klaster Sekolah di Padang Panjang, Ini Mekanisme Bila Ditemukan Kasus COVID-19 di Sekolah
8 Protokol Yang Harus Dilakukan saat Anak Pulang dari PTM di Sekolah
 
LTF
FOTO: SHUTTERSTOCK

 


Topic

#usiasekolah #kesehatananak #vaksinanak #covid19 #vaksincovid19untukanak

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Resmi! Anak 6-11 Tahun Bisa Divaksin COVID-19