5 Buah Pilihan untuk Anak Aktif

Tubuh manusia mengandung 70% air. Peranan air dalam tubuh memang sangat penting, mulai dari mengatur suhu tubuh, membantu proses pencernaan makanan, media transportasi oksigen dalam tubuh, dan lain sebagainya. Jadi tak heran kalau tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, maka kita akan merasa cepat lelah, pusing, kaku otot, dan tidak dapat berkonsentrasi. Pada anak-anak, hal ini kerap terjadi pada mereka yang menderita diare.

Belum lagi ditambah kondisi tertentu seperti udara yang sangat panas, anak juga aktif bergerak sehingga memicu keluarnya keringat lebih banyak, atau lama berada di ruangan ber-AC dapat membuat tubuh lebih mudah kehilangan air. Bahkan, anjuran minum 8 gelas air sehari bisa kurang.

Jadi, untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, memang tidak hanya berasal dari air putih yang kita minum. Tapi juga bisa berasal dari sup, pada anak-anak bisa dari susu, dan bisa juga dari buah-buahan dan sayuran yang dimakan.

Buah-buahan yang banyak mengandung air bisa jadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan cairan pada anak-anak, yang biasanya sulit dibujuk untuk minum air putih dan makan sayur. Terkadang mereka lebih mudah menghabiskan potongan buah. Selain warnanya yang menarik, anak-anak biasanya juga menyukai rasa buah yang manis atau asam menyegarkan.

Berikut ini keistimewaan 5 jenis buah yang lebih dari 80% komposisinya terdiri dari air:

1.  Belimbing
Kandungan air: 91.4%
Bentuk buah tropis yang unik, seperti bintang ini biasanya menarik perhatian anak-anak. Dalam 100 gram belimbing terkandung 36 kalori, yang berasal dari karbohidrat (8.80g).  4.00 kalsium, 170 IU vitamin A,  35.0 g vitamin C. Beberapa sumber tidak menyarankan konsumsi belimbing pada penderita gangguan ginjal karena kandungan oxalate yang memicu terjadinya batu ginjal.

2. Semangka
Kandungan air: 91.5%
Tak salah kalau semangka jadi salah satu buah favorit saat cuaca panas dan terik. Selain kandungan airnya yang tinggi, semangka kaya akan likopen, antioksidan yang dapat melindungi anak-anak dari efek buruk sinar matahari dan polusi. Dalam 100 gram semangka terkandung 28 kalori, karbohidrat 6.90 g, kalsium 7.00 mg, kalium 12 mg, vitamin A 590 IU, dan vitamin C 6.0 g.

3. Jeruk
Kandungan air : 87%
Kandungan airnya sama banyak dengan nanas, namun kandungan vitamin C dan A yang lebih banyak. Dalam 100 gram jeruk manis terkandung 45 kalori dari 11.20 gram karbohidrat. Anak-anak yang sedang dalam  masa pertumbuhan sangat baik mengonsumsi jeruk karena kandungan kalsiumnya cukup baik, sekitar 33 g, sementara kandungan vitamin A-nya 190 IU dan vitamin C-nya 49 dapat membantu daya tahan tubuh anak.

4. Pir
Kandungan air : 84%
Rasanya yang manis dan tekstur yang renyah biasanya disukai anak-anak. Buah pir adalah salah satu buah yang paling jarang menimbulkan alergi, sehingga aman dikonsumsi anak usia berapa pu. Kandungan seratnya cukup tinggi, sangat baik untuk pencernaan. Apalagi pir juga kaya akan vitamin A, B, C, dan K, juga mineral kalium dan tembaga. Karena pir sangat mudah berubah warna setelah dikupas dan dipotong, selalu sajikan segar sesaat sebelum dipotong, agar anak-anak menyukainya.

5. Strawberry
Kandungan air: 91.0%
Keluarga berry seperti blueberry dan raspberry kaya akan akan air. Tapi yang paling digemari anak-anak biasanya strawberry, mungkin karena warnanya yang merah menarik. Meski buah ini sangat kaya akan vitamin C, sebagian ahli menyarankan agar sebelum usia satu tahun, buah strawberry sebaiknya tidak diberikan pada anak karena banyak anak yang memiliki alergi terhadap strawberry.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia