Anak Belajar Menggunakan Gunting

Selama beberapa tahun ini mungkin Anda selalu berusaha menjaga anak Anda dari benda-benda tajam, dan salah satunya adalah gunting. Namun, saat ia sudah memasuki usia 3 tahun, ia sudah perlu dipersiapkan untuk dapat menggunakan gunting (tentunya gunting yang aman bagi anak). Anda perlu memastikan bahwa anak memiliki kemampuan motorik yang baik yang ia perlukan saat bermain playdough atau belajar memegang pensil. Begitulah yang disampaikan oleh Kepala Pendidikan di Goddard Systems, Inc., Sue Adair.

Nah, yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak belajar menggunting adalah:

Cermat Memilih Gunting
Langkah pertama, pilihlah gunting yang berkualitas. Gunting yang murah biasanya kualitasnya kurang baik dan malah akan menyulitkan. Oleh sebab itu, tidak masalah untuk memilih gunting lain yang sedikit lebih mahal, dengan mata pisau yang lebih tajam dan memiliki pegangan yang lebar dan empuk sehingga pas di tangan dan nyaman digunakan. Untuk anak yang kidal, pilihlah gunting khusus untuk anak kidal.

Belajar Membuat Guntingan-guntingan Pendek
Karena baru belajar menggunting, pastinya anak Anda tidak mungkin langsung dapat menggunakan memotong garis lurus di sepanjang kertas. Sebagai permulaan, ajarkan anak Anda untuk membuat potongan-potongan kecil dengan menggunting pinggiran kertas. Sebagai variasi saat belajar, Anda juga dapat meminta anak menggunting kertas kecil yang Anda pegang sehingga terbagi dua.

Memotong Mengikuti Garis
Saat anak Anda sudah benar-benar cakap menggunakan gunting (tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama), secara bertahap, naikkan level tantangan bagi anak dalam menggunakan gunting. Mulai dari menarik garis panjang, lalu dilanjutkan dengan membuat bentuk-bentuk, dan membuat potongan sesuai dengan bentuk-bentuk yang telah ia buat. Bukan tidak mungkin suatu hari nanti anak Anda membuat sendiri pajangan di dinding kamarnya dengan menggunting foto artis favoritnya dari majalah.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia