Mencegah Obesitas dengan Minum Air

Pentingnya peran air dalam upaya mencegah dan mengatasi obesitas pada anak selanjutnya dipaparkan oleh pakar penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)/RS Dr. Cipto Mangunkusumo, Prof. DR. Dr. Parlindungan Siregar, SpPD-KGH, “Cairan merupakan elemen penting dalam komponen gizi seimbang. Kebutuhan cairan di tubuh manusia bervariasi sesuai dengan umurnya.

Volume air yang dibutuhkan anak lebih besar dari orang dewasa. Karena itu, sebaiknya orang tua menanamkan kepada anaknya untuk tidak mengabaikan rasa haus, karena itu adalah bentuk sinyal dari tubuh bahwa ia membutuhkan cairan,” jelasnya.

Sedangkan DR. Dr. Budi Iman Santoso SpOG(K), menuturkan, “Anak yang sudah terkena obesitas memang cenderung malas bergerak karena berat tubuhnya. Tugas orang tualah untuk memotivasi mereka, karena gaya hidup sehat menghasilkan performa fisik yang baik, dan dapat membantu mencegah dan mengatasi obesitas pada anak.

Untuk menyeimbangkan cairan berupa keringat yang keluar saat beraktivitas fisik, pastikan bahwa anak-anak terhidrasi dengan baik saat melakukan aktivitas tersebut.”

Mengenai minuman tinggi kalori yang saat ini marak dikonsumsi anak-anak, Dr. Sudung O. Pardede, SpA(K), mengatakan, “Orang tua wajib memonitor apa saja yang dikonsumsi anak-anak dan mengedukasi mereka sejak dini untuk memilih asupan gizi seimbang.“

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia