Mengapa Anak Perlu Tidur Berkualitas

Tidur cukup dan berkualitas penting untuk kesehatan anak, Ma. Coba pandangi anak saat tidur. Menggemaskan, kan? Tapi, perhatikan lagi apakah anak tidur tepat waktu pada hari ini? Apa ia bisa tidur dengan pulas tanpa dengkuran atau harus terbangun di tengah malam?

Inilah alasannya mengapa anak harus cukup tidur:

Pikiran lebih bahagia
Kehilangan setengah jam waktu tidur mungkin tidak terlalu berarti. Namun, bayangkan bila anak mengalaminya selama 2 tahun. Riset dari University of Massachusetts menyatakan, hal ini bisa meningkatkan perasaan depresi dan rendah diri pada anak dibandingkan teman-temannya yang jumlah tidurnya normal.

Memang jam tidur anak akan berkurang seiring dengan pertambahan usianya. Tapi, kekurangan tidur yang terlalu lama akan mengganggu kesehatan mental anak.

Jantung lebih sehat
Sebenarnya, mendengkur pada anak bisa membahayakan kerja jantungnya. Bahkan mereka yang mendengkur pelan sekalipun akan memiliki tekanan darah dan detak jantung yang lebih tinggi dan cepat dibandingkan mereka yang tidur dengan tenang.
Menurut studi di Australia, banyak terbangun di malam hari dan kurangnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh (yang menjadi penyebab mendengkur) adalah pemicunya. Bila dengkuran anak cukup teratur, mungkin ini saatnya memeriksakan anak ke dokter.

BB lebih ideal
Menurut Harvard Medical School, batita yang tidur kurang dari 12 jam sehari berisiko memiliki kelebihan berat badan (BB) di usia 3 tahun dibandingkan anak lain yang cukup tidur. Studi lain membuktikan, adanya tambahan waktu tidur dari jumlah waktu tidur yang seharusnya bisa menurunkan risiko terjadinya kelebihan BB pada anak sebanyak 9%.  

Imunitas tubuh lebih kuat
Lebih banyak tidur bisa membuat anak terhindar dari flu! Menurut Jodi Mindell, Direktur Sleep Center dari Children's Hospital of Philadelphia, kurangnya waktu tidur bisa membuat imunitas tubuh anak menjadi lebih lemah. Jika anak dikelilingi oleh teman-temannya yang sakit di sekolah, minta dia tidur lebih cepat malamnya, ya, Ma.

Baca juga: Anak Kurang Tidur, Kenali Efek Buruknya!

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia