Jadwal Tidur Mama Baru

Jadwal Tidur Mama Baru

Kabar baik bagi Mama baru: Bayi Anda yang baru lahir akan tidur selama sekitar 14-16 jam setiap harinya. Tapi ada juga kabar yang tidak terlalu baik, yaitu: bayi hanya bisa terlelap selama beberapa jam saja sebelum terjaga kembali. Alias, cuma tidur sebentar-sebentar saja! Alhasil, banyak Mama baru tidak bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas--dan terlalu sering begadang sampai-sampai merasa dirinya adalah seorang zombie!

Untuk menghindarinya, ada baiknya Anda menuruti nasihat lama berikut ini: Tidurlah ketika bayi Anda tidur, dan mulailah tidur sesegera mungkin setelah bayi Anda terlelap. Jika tidak penting-penting amat, hindari beraktivitas terlalu banyak ketika bayi tidur.

Ingat, waktu terus bergulir dan setiap mama baru membutuhkan waktu istirahat yang berkualitas untuk memelihara stamina, ”Satu hal yang barangkali bisa menghibur Anda adalah, jadwal tidur sekejap-sekejap ini tidak akan berlangsung selamanya. Ketika sudah berusia antara 3-4 bulan, bayi Anda akan mulai bisa tidur nonstop selama 5 jam penuh,” kata Dr. Silva.

Supaya bisa mendapatkan jam tidur ekstra di malam hari, Anda bisa mencoba tip dari Rheina Sutiyono (26) berikut ini. “Di malam hari, saya dan pasangan bergantian ‘ronda’ menjaga bayi. Jadi, kalau Pasha (3 bulan) bangun, suamilah yang bertugas mengganti popoknya yang kotor. Setelah itu baru Pasha diberikan kepada saya untuk disusui,” ujarnya.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia