Pertimbangan Sebelum Membeli Mainan

Beberapa hal berikut harus menjadi pertimbangan sebelum Anda memutuskan membelikan mainan untuk anak:

1. Pastikan mainan tersebut aman untuk anak. Perhatikan bagian-bagian mainan, apakah catnya mudah luntur dan berbahaya untuk anak, atau apakah ada bagian kecil yang mudah terlepas dan tertelan oleh anak.

2. Pilih mainan yang multifungsi, sehingga mainan tersebut dapat menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak. Ingat, Ma, anak tidak memerlukan mainan mahal atau canggih. Justru ia harus mendapat kesempatan untuk memanipulasi mainan tersebut sepuas-puasnya. Inilah yang membuat anak tumbuh menjadi anak yang cerdas dan kreatif.

3. Patuhi setiap petunjuk/instruksi yang tertera di setiap kemasan mainan. Misal, mainan untuk anak usia 3+ tentu sebaiknya tidak diberikan untuk bayi. Perhatikan juga cara penggunaan mainan. Beberapa jenis mainan, bisa saja menimbulkan risiko atau bahaya jika tidak dipergunakan sesuai petunjuknya. Misal, patah dan pecahannya berisiko melukai tangan anak.

4. Dampingi anak setiap kali ia bermain. Selain memastikan bahwa mainan tersebut tepat sasaran untuk fokus perkembangannya, bermain bersama juga dapat meningkatkan bonding antara Anda dan anak.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia