8 Keluhan Saat Hamil



Semasa hamil, perubahan hormon dan perubahan bentuk badan bisa menyebabkan ketidaknyaman pada calon ibu. Apa saja keluhan yang mungkin dialami ibu hamil? Simak 8 keluhan dan solusinya!
 
Sakit pinggang dan punggung
Ini terjadi akibat Anda terlalu letih atau beraktivitas secara berlebihan. Segera kurangi aktivitas dan jaga postur tubuh (tulang punggung selalu tegak dan jangan membungkuk).

Kelelahan
Banyak terjadi di kehamilan trimester terakhir, sehingga Anda harus perhatikan kondisi tubuh dan sering-sering beristirahat.

Berkunang-kunang
Sering dialami ibu hamil yang tekanan darahnya cenderung rendah. Segera duduk dengan posisi kedua kaki diangkat atau berselonjor di atas tempat tidur .

Bengkak
Bisa diatasi dengan menjaga diet (kurangi kopi dan teh, serta perbanyak minum air putih). Juga, beristirahatlah dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala (letakkan tumpukan bantal di bawah kaki).

Mual (meningkatnya asam lambung)
Perhatikan diet Anda (hindari makanan yang asam, pedas dan produk olahan susu) dan makan secukupnya (sedikit, namun sering).

Insomnia
Pijatan kehamilan sangat besar manfaatnya untuk menangani sulit tidur alias insomsia.

Kram kaki
Perbanyak makanan yang mengandung kalsium, seperti susu, olahan susu, salmon, atau sarden. Jika kram menyerang, duduklah dan luruskan kaki yang sakit. Tekuklah ujung-ujung jari kaki tersebut, lalu tariklah ke arah tubuh. Ulangi sampai kram hilang.

Morning sickness
Rasa mual dan muntah pada trimester pertama kehamilan ini cukup mengganggu. Coba atasi dengan menambahkan parutan jahe di teh Anda.

Baca juga: Cegah Keracunan Makanan Ketika Hamil



   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.