Ibu Hamil Tak Boleh Makan Nanas?

Bagi yang sedang hamil, mungkin pernah mendengar anggapan, "Hati-hati makan nanas saat hamil, karena bisa sebabkan keguguran." Benarkah? Kenali juga mitos lainnya:


Mitos : Tidak boleh makan nanas dan pisang dempet.

Benarkah makan buah-buah tersebut bisa menyebabkan keguguran atau anaknya lahir kembar siam?


Fakta: Sebenarnya tak ada kaitan antara makan nanas dan keguguran, apalagi nanas merupakan sumber vitamin C dan serat yang cukup baik. Walau begitu, sampai sekarang masih banyak mama hamil yang pantang makan nanas “Percaya-nggak percaya sih, tapi daripada kenapa-kenapa mending turuti saja nasehat orangtua, toh masih ada buah lain,” demikian jawaban standar para mama hamil yang kami tanya.


Kalau soal makan pisang dempet, mungkin zaman dahulu ketika lahir bayi kembar siam, masyarakat membutuhkan penjelasan soal bagaimana ‘keanehan’ itu dapat terjadi. Berhubung pengetahuan terbatas dan peralatan medis belum canggih, maka si pisang dempetlah yang disalahkan.


MItos : Minum air kelapa supaya kulit bayi bersih dan minum air kacang hijau supaya bayi memiliki rambut lebat.

Fakta: Pendapat satu ini termasuk yang baik untuk diikuti. Air kelapa tidak hanya berisi air, tetapi juga mengandung nutrisi seperti potassium, sodium, gula, magnesium, vitamin B dan vitamin C. selain bermanfaat sebagai elektrolit, minum air kelapa juga bisa mengurangi rasa mual.


Sedangkan kacang hijau mengandung protein, lemak, vitamin A, vitamin B, fosfor dan zat besi, nutrisi yang baik bagi perempuan hamil.  Soal bayinya akan lahir dengan kulit putih bersih dan rambut tebal, itu lebih banyak tergantung dari gen mama dan papanya. 


Baca juga: Minum Es Saat Hamil Sebabkan Janin Besar?




   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.
 



Home | Hamil | Bayi | Balita | Usia Sekolah (5-12) | Dunia Mama | Acara Parenting | Berlangganan | Privacy Policy & Disclaimer | Terms & Condition

2004 - 2014 Hak cipta oleh majalah Parenting
Dilarang menyalin/ mempublikasikan/meng-copy isi website tanpa seijin pihak Femina Group
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+