Konsumsi Acetaminophen Saat Hamil, Amankah?

Acetaminophen adalah salah satu obat penghilang rasa sakit, penurun demam dan mengobati gejala flu. Tapi, apakah jenis obat ini aman dikonsumsi ibu hamil?

Sebuah penelitian baru-baru ini yang dimuat dalam Journal of American Medical Association (JAMA), mengungkapkan sejumlah dokter spesialis anak menemukan bahwa anak-anak dari wanita yang menggunakan acetaminophen saat hamil lebih berisiko mengalami ADHD. Demikian seperti yang dikutip dari situs www.parenting.com.

Telah lebih dari enam puluh empat ribu anak dan Ibu dari Denmark diwawancarai, dan lebih dari setengah jumlah ibu dilaporkan menggunakan acetaminophen saat hamil. Penelitian tersebut menemukan bahwa dengan mengonsumsi acetaminophen sekali seminggu pada trimester pertama kehamilan, dapat meningkatkan risiko kemungkinan anak menyandang ADHD.

Para peneliti juga menemukan adanya hubungan antara penggunaan acetaminophen saat hamil dan pengobatan ADHD anak, atau bagi anak yang memiliki tingkah laku serupa dengan penyandang ADHD pada usia 7 tahun. Risiko dari beberapa diagnosis ini tampaknya akan meningkat jika ibu hamil mengonsumsi acetaminophen lebih dari satu trimester saat kehamilan.

Meskipun para peneliti menemukan korelasi antara penggunaan acetaminophen saat hamil dengan tingkah laku seperti penyandang ADHD, para peneliti tetap menyarankan bahwa pemeriksaan atau penelitian lebih lanjut akan diperlukan. Saat ada dua hal terkait, belum tentu hal yang satu menyebabkan hal lain.

Berdiskusi dengan dokter kandungan saat kehamilan sangatlah penting untuk mengetahui pengobatan mana yang aman bagi ibu hamil dan bayi. Dokter dapat menuntun ibu hamil dalam menentukan tindakan terbaik yang dapat dilakukan.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia