Kelas Akselerasi Untuk Anak

Kelas akselerasi merupakan sistem pendidikan terpadu yang memungkinkan seorang anak masuk sekolah lebih cepat dari umur yang diperbolehkan pada umumnya. Atau, memungkinkan seorang anak  menempuh masa pendidikan lebih cepat. Misalnya, menempuh sekolah dasar dalam waktu 5 tahun, atau sekolah menengah dipercepat jadi dua tahun.

Boleh-boleh saja mama berharap si kecil bisa mengikuti program macam ini. Mungkin saja si kecil Anda yang cemerlang ternyata juga anak berbakat. Karena pada prinsipnya, menurut psikolog yang bergelut di dunia anak dan  pendidikan, Rose Mini, yang akrab disapa Bunda Romy,  kelas akselerasi sebaiknya ditujukan bagi anak berbakat. 

Rose Mini menyebutkan, anak berbakat yang bisa ikut serta kelas akselerasi biasanya disyaratkan memiliki tiga kriteria utama: punya IQ di atas rata-rata (biasanya di atas 130), punya motivasi belajar di atas rata-rata, dan punya kreativitas di atas rata-rata.

“Pintar dan juara kelas belum tentu cocok masuk kelas akselerasi. Karena mungkin saja cara belajar si pintar yang tekun kurang cocok dengan kelas akselerasi yang perlu kreativitas tinggi. Begitu sebaliknya. Anak ber-IQ tinggi belum tentu bisa begitu saja masuk kelas akselerasi bila motivasi belajarnya rendah,” ujar Romy.



Photo : Getty Images

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia