Peran Kakak untuk Adik

“Anak-anak lebih besar yang mengurus adiknya menjadi lebih percaya diri dan merasa sangat bangga jika adiknya berhasil,” jelas Andrew Garner, M.D., anggota dari komite American Academy of Pediatrics bidang Aspek Psikososial Anak dan Kesehatan Keluarga. Nah, anak-anak yang membantu adiknya akan menjalin kelekatan yang kuat yang bisa berlangsung sepanjang hidup. 


Berikut ini ada beberapa peran yang kakak sekolah bisa lakukan:


1.    Pelatih Olahraga. Jika ketangkasan dan koordinasi membuat kakak menjadi bintang lapangan dan legenda seputar perumahan, minta dia untuk melatih adiknya sehingga berprestasi, juga.

2.    Pendamping ke Toilet. Mengantri di depan toilet di restoran atau toko memang membosankan, namun kakak pasti tidak berkeberatan. Bila tempatnya tidak jauh dari tempat duduk, kakak bisa dengan mudah menjaga dan menemani adik ke toilet dan tempat mencuci tangan (Kalau tempatnya terlalu jauh dan ada jalan keluar lewat pintu belakang, lupakan hal ini!).

3.    Guru si Adik. Nilai matematika dan kemampuan mengeja adik masih jelek, padahal nilai kakak untuk pelajaran tersebut cukup tinggi. Biarkan kakak mengajari adik dan memberinya kuis.

4.    Masak Mudah. Siapkan jus, susu, roti, dan cereal. Beres, deh! 


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia