Kurangi Permen Untuk Kesehatan Gigi Anak

Terlalu banyak makan permen dapat berbahaya bagi anak. Bukan hanya bahaya diabetes sejak dini karena kandungan gula di dalam permen, melainkan juga bahaya gigi yang rusak dan berlubang. Apalagi jika anak sangat menyukai permen yang lengket dan kenyal, dimana perlu waktu lebih lama untuk mengunyahnya, sehingga sisa-sisa permen tertinggal di sela-sela gigi dan tinggal lebih lama di dalam mulut.

Bagi anak-anak, manisnya permen memang sangat enak untuk dinikmati. Namun, sebagai orang tua, Anda perlu tegas dan mengurangi konsumsi permen oleh anak. Nah, Anda dapat mengganti permen dengan camilan lain yang tetap terasa manis di mulut, namun tidak merusak gigi. Cobalah ganti permen dengan:

1.    Buah. Bisa buah segar ataupun buah kering. Biasanya yang menjadi favorit anak adalah apel, jeruk, melon, semangka, mangga.
2.    Yogurt tawar. Sebagai pemanisnya, tambahkan selai, buah segar, atau madu.
3.    Smoothies. Bisa dibuat sendiri menggunakan susu rendah lemak, yogurt, atau jus kemasan (pilih yang 100% buah tanpa tambahan gula).
4.    Crackers tawar. Oleskan selai kacang, selai cokelat (pilih yang dark karena kandungan gulanya lebih sedikit), atau krim keju rendah lemak supaya ada variasi rasa.
5.    Semangkuk sereal. Siram dengan gula merah cair atau sirup maple.  

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia