Tahapan Bayi Belajar Menggenggam


Menggenggam adalah salah satu keahlian yang dengan segera akan dipelajari oleh bayi Anda. Setelah bisa menggenggam, beragam keasyikan sudah menanti! Ia akan bisa bermain dengan benda yang menarik hati, makan, minum, mencoret-coret kertas yang disediakan mama, dan melakukan aneka kegiatan lain. Untuk benar-benar bisa menggenggam sesuatu dengan baik, setidaknya ia butuh waktu sekitar satu tahun. Berikut ini adalah tahapan-tahapan umum yang akan ia lalui sampai benar-benar bisa menggenggam dengan baik.

0-3 bulan
Bila Anda meletakkan satu jari di tangannya, ia akan menggenggam secara refleks.

3-4 bulan
Koordinasi tangan dan mata sudah semakin baik. Ia bisa memerhatikan benda yang menarik baginya dan mencoba meraih. Ia juga sudah bisa menggenggam dan melepaskan mainan yang Anda gantung di atas boksnya.

Baca juga: 9 Karakter yang Sudah Bisa Dilihat Sejak Bayi 

4-9 bulan
Ia sudah bisa menggenggam benda berukuran kecil. Namun, hati-hati, Ma. Di usia ini ia juga punya kecenderungan memasukkan apapun yang ia genggam ke mulut. Pastikan apa yang ia genggam aman baginya.

9-12 bulan
Ia mulai bisa meraih sesuatu dengan mudah, dan menggenggam dengan baik. Ia sudah bisa menjumput sesuatu yang berukuran agak kecil, juga mulai bisa memegang sendok dan garpu, serta belajar makan sendiri. Berantakan sedikit tak apa, ya, Ma. (Foto: 123rf)

Baca juga: 6 Gerakan Ini Bisa Perkuat Otot Bayi