5 Manfaat Membacakan Buku yang Sama Berulang-ulang pada Balita


 

Di rumah, Anda sudah menyiapkan beberapa buku untuk si kecil. Harapannya adalah ia akan membaca semuanya dan mendapatkan semakin banyak hal untuk dipelajari. Namun, yang dipilih tetap buku yang sama, itu lagi, itu lagi. Apakah itu artinya buku yang Anda pilih tidak menarik untuknya?
 
Tenang, Anda tidak salah, kok, dengan membelikan beragam buku untuknya. Balita  usia 2 atau 3 tahun memang sangat mendambakan repetisi. Mereka suka segala sesuatu yang berulang, termasuk buku bacaannya. Nah, membacakan buku yang sama secara berulang-ulang pada balita justru punya beragam manfaat. Apa sajakah?
 
1. Mengembangkan Kosa Kata
Anda mungkin khawatir bahwa dengan membaca buku yang sama setiap saat menjadikan ruang belajar mereka jadi lebih sempit. Jangan khawatir, Dr. Joanne Cummings, psikolog anak klinis di Toronto, Canada, mengatakan bahwa ketika mereka selalu mengulang membaca buku yang sama berkali-kali, mereka justru akan mengembangkan lebih banyak kosa kata. Mereka bisa mendapatkan informasi baru dari setiap pengulangan
 
2. Memperkuat Ingatan
Sunita Shah Bsc(Hons), MRCSLT, MASLTIP, HPCReg., pediatric speech & language therapist di Inggris, mengatakan bahwa pengulangan dapat memperkuat ingatan anak-anak. Ia memaparkan hasil temuan bahwa balita yang hanya mendengar satu cerita sebanyak 3 kali jauh lebih baik dalam mengingat ceritanya sekaligus mengingat kata-kata baru daripada mereka yang mendengarkan 3 cerita yang berbeda.
 
3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Bagaimana bisa? Dengan mendengar cerita yang sama berulang, anak-anak akan mengingat setiap detail cerita. Ia akan sangat memerhatikan dan tahu apakah Anda menambahkan cuplikan-cuplikan yang berbeda di setiap halaman atau di akhir cerita. Mereka bahkan mungkin mengoreksi Anda.
 
Sunita mengatakan, “Pengulangan adalah cara anak Anda untuk mengingatkan dirinya sendiri tentang apa yang ia ketahui. Dia menikmati kegembiraan melakukan yang benar setiap kali.” Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya dirinya.
 
4. Menghadirkan Rasa Aman dan Nyaman
Menurut Sunita, ketika belajar lebih banyak tentang dunia di sekitarnya, si kecil kadang-kadang merasa kewalahan dengan semua informasi baru yang diterimanya. Ia mengatakan, “pengulangan cerita yang sudah dikenalnya akan membantu meyakinkannya bahwa semua sudah sebagaimana mestinya.” Ini akan memberikan perasaan aman bagi mereka.
 
Di samping itu, Cummings juga menyatakan bahwa pengulangan menghadirkan prediktabilitas. Mereka tahu apa yang akan terjadi—dan cocok dengan terkaan mereka. Hal itu menurut Cummings dapat memberikan perasaan bahwa mereka dapat memegang kendali. “Itu memberikan kenyamanan bagi mereka,” ujarnya.
 
5. Pengantar Tidur yang Ampuh
Membaca buku cerita dapat dijadikan alternatif ritual tidur saat Anda mulai menyapih si kecil. Cummings mengatakan bahwa pengulangan buku cerita yang sama akan membuat si kecil lebih mudah mencapai kondisi tenang hingga akhirnya tertidur.
 
 
Baca juga:
Cara Latih Anak Suka Membaca Sesuai Usia
5 Cara Ini Bisa Buat Anak Suka Membaca
Anak Baca Banyak Buku, Ini Keuntungannya!
Membesarkan Anak Hobi Baca
Bayi Bisa Membaca?
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
 
 
 
 
 
 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

5 Manfaat Membacakan Buku yang Sama Berulang-ulang pada Balita