Awasi Anak Saat di Kamar Mandi

Awasi anak ketika berada di kamar mandi. Bahaya yang mengintai erat hubungannya dengan air.

Toilet
Toilet bisa merupakan benda yang sangat berbahaya sebab bisa membuat anak terjatuh ke dalamnya. Untuk itu, ‘kunci’ dudukan toilet dengan alat khusus. Alat seperti ini bisa didapat di toko perlengkapan rumah. Dengan begitu, anak tidak bisa membuka tutup dudukan toilet sesukanya.

Matras Kamar Mandi
Belilah matras antislip dan letakkan di lantai kamar mandi. Jadi, anak tidak akan mudah terpeleset atau terjatuh. Bagaimana pun, kaki basah dan lantai kamar mandi yang tergenang air akan licin, dan ini sangat berbahaya bagi anak

Bathtub
Pasang juga matras antislip di bagian dasar bathtub. Yang pasti, jangan gunakan kursi mandi. Kursi seperti ini memang praktis dan akan memudahkan Anda saat memegang anak yang basah ketika dimandikan. “Bagaimana pun, kursi mandi membuat Anda harus ekstra hati-hati,” kata Alan Korn, public policy director untuk Safe Kids Worldwide, organisasi nonprofit yang bertugas mencegah terjadinya luka pada anak akibat kecelakaan. Jangan gunakan kursi tersebut jika anak selalu ingin memanjat keluar kursi, ia bergerak terus, dan kursi sudah kekecilan baginya. Sebaiknya, gunakan saja bak mandi khusus untuk anak mulai dari ia lahir hingga usia 2 tahun.

Apa lagi? Pastikan jangkauan tangan Anda cukup untuk sewaktu waktu meraih anak, terutama jika ia berada di dalam atau dekat air. Juga, pastikan Anda selalu mengangkatnya dengan kedua tangan, baik saat memasukkannya ke dalam atau keluar dari bak mandi. Ini untuk menghindari anak terlepas dari tangan Anda dan terjatuh. Bila anak mandi dalam bathtub, isi dengan sedikit air saja. Air setinggi 2,5 cm sudah cukup untuk membersihkan si kecil dan membuatnya senang bermain atau memercikkan air.

Keran
Beri pelindung pada keran. Tujuannya? Agar anak tidak terbentur saat mandi di bathtub.