Melindungi Bayi dan Balita dari COVID-19 Saat Harus Keluar Rumah



Yang menjadi pertanyaan banyak orang tua adalah bagaimana melindungi anak-anak yang masih sangat muda dari paparan COVID-19 saat ada kebutuhan keluar rumah yang sangat mendesak, misalnya saja untuk periksa ke RS atau vaksin. Banyak yang bingung, “Bayi, kan, belum bisa pakai masker,” atau “Pakai face shield saja boleh kah? Anak saya nggak betah pakai masker.”
 
Siapa yang Harus Pakai?

dr. Grace Hananta, C.Ht, Holistic Medical Doctor & Pengurus Komite Kampanye Publik Gerakan Pakai Masker, mengatakan bahwa anak-anak yang sudah bisa lancar berkomunikasi sebaiknya memakai masker.
 
Akan tetapi, ia menambahkan bahwa bayi dan balita di bawah usia 2 tahun diperbolehkan untuk tidak memakai masker. Sebab, dikhawatirkan mereka mengalami sudden death akibat kesulitan bernapas bila memakai masker lantaran belum mampu mengomunikasikannya.
 
Outfit to Wear
 
Nah, lalu apa saja perlengkapan mereka saat harus keluar rumah?
 

  • Masker:  Masker Medis (efektivitas hingga 95%, punya plat besi di area tulang hidung sehingga pasti rapat), masker kain/non medis (efektivitas hingga 80% bila dipakai dengan benar, harus terdiri dari 3 lapis).

  • Face shield: Melindungi area wajah dari droplets dan menghindari reflek anak-anak untuk mengucek mata.

  • Topi.

  • Baju lengan panjang dan celana panjang.

  • Sepatu tertutup.

  • Sarung tangan bila perlu.

 
Strategi Perlindungan
 
Bagi bayi atau balita yang digendong, Anda harus menggendong menghadap ke penggendong dan menutup kepalanya dengan cover gendongan atau kain. Pastikan ada sirkulasi udara di dalam gendongan agar si kecil bernapas dengan lancar.
 
Bagi bayi atau balita yang diletakkan di stroller, gunakan cover khusus stroller yang bisa melindungi si kecil dari droplets. Hadapkan pada orang tua yang mendorong stroller.
 
Di usia ini, si kecil memang masih banyak bereskplorasi memegang banyak benda. Untuk itu, lebih aman bila menjaga mereka tetap di dalam gendongan, menggendongnya, atau meletakkan di stroller dibandingkan membiarkan mereka berjalan sendiri. Cara ini juga bisa melindungi mereka dari orang yang tiba-tiba menyentuh lantaran merasa gemas.
 
Pastikan jaga jarak aman dan sebisa mungkin hindari keramaian. Bila harus mengantre di RS atau klinik, sebaiknya tunggu di dalam kendaraan saja hingga giliran tiba.

 
Baca juga:
6 Kesalahan Paling Sering Saat Memakai Masker
7 Pertanyaan Seputar Pakai Masker
Cara Benar Pasang-Lepas Masker
3 Langkah Pakai Masker Kain yang Benar
Saat Pandemi COVID-19, Tunda ke Dokter Bila…
 
(LELA LATIFA)
 
FOTO: FREEPIK


 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #covid-19

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Melindungi Bayi dan Balita dari COVID-19 Saat Harus Keluar Rumah

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia