6 Kesalahan Paling Sering Saat Memakai Masker


 

Masker menjadi benda wajib pakai saat harus keluar rumah di era new normal. Hati-hati salah dalam memakai masker bisa membuat efektivitas perlindungan yang Anda dapatkan jadi tidak optimal.
 
Apa saja kesalahan yang sering terjadi saat memakai masker?


1. Tidak sengaja memegang area tengah masker

Hal ini paling sering terjadi saat membenarkan posisi masker yang melorot atau saat melepas masker. Bagian tengah masker adalah bagian yang kotor di mana banyak virus/bakteri yang menempel di bagian tersebut.
 
Bila ingin membenarkan posisi masker yag melorot, cukup tekan atau jepit masker bagian atas dengan ibu jari dan telunjuk. Pastikan tangan Anda sudah dibersihkan saat melakukannya. Untuk melepas masker, pegang bagian pengait. Cuci tangan setelah melakukannya.


2. Masker tidak menutupi hidung

Banyak orang yang karena merasa pengap saat memakai masker, akhirnya menurunkan masker sehingga hanya menutupi area mulut. Menurut dr. Grace Hananta, C.Ht, Holistic Medical Doctor & Pengurus Komite Kampanye Publik Gerakan Pakai Masker, cairan yang keluar dari hidung bisa menularkan virus ke orang lain. Selain itu, hidung juga merupakan “pintu masuk” bagi virus.

3. Masker sengaja diturunkan ke bawah dagu

Pemandangan ini juga sering kita jumpai. Beberapa orang yang merasa kesulitan bicara di balik masker akhirnya menurunkannya ke bawah dagu. Ini berbahaya karena virus/bakteri/jamur di dagu akan menempel di masker dan dengan mudah terhirup. Di samping itu, dengan menurunkan masker seperti ini, Anda sama dengan membuka pintu masuk yang lebih lebar bagi virus/bakteri.

4. Tidak mengganti masker tiap 3-4 jam

Masker tidak bisa dipakai selama seharian penuh. Masker yang tidak diganti akan menyebabkan sirkulasi udara di area yang tertutup masker jadi lembap. Itu membuat kulit di bagian tersebut rentan berjerawat.

5. Memakai masker kain yang tipis

dr.Grace menekankan bahwa pemakaian masker kain harus memenuhi standar WHO, yakni terdiri dari tiga lapis. Sehingga, masker bahan scuba atau jenis buff tidak direkomendasikan.
Bila Anda terlanjur membeli masker dua lapis, Anda bisa menyelipkan tisu di tengahnya. Bila Anda terlanjur membeli masker satu lapis seperti bahan scuba, maka dr. Grace menyarankan Anda untuk menambahkan lapisan dengan masker lainnya.


6. Tidak jaga jarak

Banyak orang yang percaya diri lantaran sudah memakai masker. Padahal, dr. Grace menegaskan bahwa pemakaian masker kain tidak bisa dijadikan satu-satunya benteng tunggal untuk melindungi kita dari paparan COVID-19. “Kita tetap harus jaga jarak. Satu meter lah, at least. Paling bagus dua meter,” imbuhnya.
 
 
Baca juga:
3 Langkah Pakai Masker Kain yang Benar
8 Waktu Wajib Memakai Masker
5 Aturan Memakai Masker yang Benar untuk Cegah Corona
3 Cara Pakai Masker Ini Salah, Ancam Kesehatan Pernapasan Anda
7 Langkah Merawat Wajah Bila Terlalu Sering Pakai Masker Kain
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
 

 
 
 
 
 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #covid-19

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

6 Kesalahan Paling Sering Saat Memakai Masker

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia