Uji Coba Vaksin COVID-19 Pfizer untuk Balita 2-5 Tahun Belum Berhasil

vaksin covid-19 untuk balita


Vaksinasi adalah salah satu syarat mengendalikan pandemi. Saat ini, vaksinasi tengah digencarkan untuk menjangkau seluruh lapisan usia. Selain untuk orang dewasa dan anak, vaksinasi COVID-19 diharapkan bisa didapat oleh balita. Harapannya, hal ini bisa mewujudkan herd immunity.
 
Pfizer sebagai salah satu pihak penyedia vaksin COVID-19 juga melakukan uji coba vaksinnya pada balita usia 2 hingga 5 tahun. Pihak Pfizer dalam pernyataan resminya mengatakan, “Tidak ada masalah keamanan yang diidentifikasi dan dosis 3 mikrogram menunjukkan profil keamanan yang baik pada anak usia 6 bulan hingga di bawah 5 tahun.”
 
Sayangnya, pada Jumat lalu (17/12/202), Pfizer menyatakan bahwa uji coba vaksinnya pada kelompok usia tersebut belum memberikan hasil kekebalan atau imunitas yang diharapkan. Oleh karenanya, pihak Pfizer akan melanjutkan percobaan dengan menambahkan dosis ketiga dengan dosis yang diturunkan menjadi 3 mikrogram.
 
Pfizer juga mengatakan, “"Keputusan untuk mengevaluasi dosis ketiga-3 mikrogram-untuk anak-anak berusia 6 bulan hingga di bawah 5 tahun mencerminkan komitmen perusahaan untuk secara hati-hati memilih dosis yang tepat untuk memaksimalkan profil risiko-manfaat."
 
Pfizer serta rekannya, BioNTech berharap bila pengujian dosis ketiga ini berhasil, maka bisa segera mengirimkan datanya ke pihak regulator untuk mendapatkan Izin Penggunaan Darurat / Emergency Used Authorization (EUA).
 
 
Baca juga:
13 Rekomendasi Terbaru IDAI Soal Vaksin COVID-19 pada Anak 6-11 Tahun
Siapkan Anak untuk Vaksin COVID-19 untuk Anak 6-11 Tahun
Bagaimana Jika Vaksinasi Anak Terlambat?
Anak Demam, Jangan Asal Diberi Parasetamol!
 
 

LTF
FOTO: FREEPIK

 


Topic

#balita #vaksincovid19untukanak

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Uji Coba Vaksin COVID-19 Pfizer untuk Balita 2-5 Tahun Belum Berhasil