3 Cara Menguntungkan Mengeluarkan Uang THR


 

Minggu-minggu menjelang Lebaran adalah saat di mana pengeluaran keluarga Anda sedang banyak-banyaknya. Bagaimana tidak, Anda perlu membeli kue Lebaran, baju Lebaran untuk sekeluarga, sejumlah parsel untuk kerabat, atau pengeluaran untuk THR ART dan baby sitter. Tak jarang, uang THR pun masih kurang sehingga Anda harus menguras isi rekening operasional keluarga.
 
Cobalah berpikir out of the box, bila Anda sudah tahu bahwa kebutuhan-kebutuhan tersebut pasti ada, maka harusnya Anda sudah menganggarkan sebelumnya. Sehingga, uang THR Anda bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya di luar kebutuhan Lebaran.
 
Nah, agar uang THR Anda tidak langsung habis dalam satu waktu sekaligus, Anda bisa mencoba tip membelanjakan uang bonus tahunan seperti THR yang justru membawa keuntungan dari Dave Ramsey, pakar finansial dan penulis The Total Money Makeover berikut:


1. Beli Emas/Saham

Ketimbang berbelanja baju, sepatu, tas, gadget, atau menyicil kendaraan baru, ada baiknya Anda membeli emas atau saham. Kedua hal ini memang menyedot uang THR Anda, tapi bisa menghasilkan keuntungan kembali. Sebaiknya, rencanakan atau konsultasikan baik-baik rencana Anda berkaitan dengan emas dan saham terlebih dahulu agar sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

2. Ikut Kursus Money Making

Anda bisa membelanjakan uang THR Anda untuk mengikuti kursus money making dengan memanfaatkan internet seperti pemasaran di media sosial, Search Engine Optimization (SEO), dan lainnya. Ini adalah salah satu sarana mengembangkan kapasitas Anda tanpa harus mengganggu keuangan keluarga bulanan.
 
Anda mungkin tidak dapat serta merta mengklaim bahwa dengan membelanjakan uang THR ke sini maka Anda akan ‘balik modal’. Akan tetapi, minimal uang ini tidak terbuang sia-sia dan bisa jadi investasi edukasi yang penting bagi Anda untuk menghasilkan uang.


3. Menghentikan Utang

Ini tentu bukan shopping leisure atau pembelanjaan yang menghasilkan kepuasan. Tapi, ini adalah salah satu cara yang paling cerdas untuk memanfaatkan uang THR Anda. Gunakan penghasilan tambahan ini untuk menghilangkan utang Anda lebih cepat. Ini tentu lebih menguntungkan karena semakin banyak rantai bunga yang dapat Anda putus.
 
 
Baca juga:
Bijak Mengatur THR di Masa Pandemi
Banyak Pengeluaran Bulan Ramadhan, Lakukan Ini Agar THR Tak Cepat Habis
Cara Cerdas Kelola THR
3 Langkah Bijak Agar THR Si Kecil Jadi Bermakna
 
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

3 Cara Menguntungkan Mengeluarkan Uang THR

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia