Bijak Mengatur THR di Masa Pandemi


 

Apa yang biasa Anda lakukan begitu THR Anda turun? Mengajak seluruh keluarga ke mal atau belanja online untuk beli baju Lebaran? Ke supermarket untuk membeli berbagai kue? Atau ke toko perhiasan?
 
Di Lebaran kali ini, sebaiknya Anda lebih bijak dalam mengeluarkan uang THR. Sebab, kita semua tidak ada yang tahu kapan pandemi ini berakhir. Prita Ghozie, Financial Consultant, CEO & Co-Founder ZAP Finance dalam acara Ngobrol Bareng di Instagram Live Ayahbunda, bersama Gracia Danarti, Pemimpin Redaksi & Komunitas Ayahbunda dan Parenting Indonesia, mengatakan bahwa ‘dana’ yang kita miliki sekarang setidaknya harus dipertahankan sampai Desember. Di samping itu, ada juga rekomendasi untuk menabung dana darurat di kondisi yang serba tidak pasti ini.
 
Oleh karenanya, pandemi ini menuntut Anda untuk lebih bijak memanfaatkan uang, termasuk uang THR. Bagaimana caranya?


1. Hindari Mengalihkan Dana Mudik Secara Asal

Salah satu hal yang memakan proporsi tinggi di THR Anda adalah biaya mudik. Tentu saja, harga tiket umumnya naik saat Lebaran. Belum lagi ditambah dengan biaya konsumsi keluarga Anda selama perjalanan atau penginapan untuk istirahat sejenak di perjalanan. Nah, dengan larangan untuk mudik tahun ini, Anda bisa saja berpikir bahwa Anda bebas membelanjakan anggaran tersebut untuk membeli barang lainnya.
 
Akan tetapi, cobalah untuk berpikir lebih bijak. Ada baiknya, Anda pergunakan anggaran mudik tersebut untuk menambah dana darurat keluarga Anda, membayar sekolah anak tahun depan, atau membayar utang serta cicilan yang Anda miliki.


2. Buat Anggaran

Selalu pastikan Anda punya anggaran: untuk gaji dan THR ART, bingkisan keluarga, beli baju baru, beli kue, dan lain sebagainya. Jika anggaran sudah dibuat, maka setialah padanya. Anggaran ini berfungsi mengontrol jumlah uang yang akan Anda keluarkan agar tidak berlebihan

3. Buat Daftar Belanjaan

Nah, jika anggaran sudah dibuat, jangan lupa buat dulu daftar belanjaan. Anggaran tanpa daftar belanjaan juga tak akan berhasil. Buat serinci mungkin untuk mempermudah Anda.

4. Menyiasati Baju Baru

Saat Lebaran, biasanya ada pembelian barang-barang yang sifatnya monumental saja, misal sepasang baju serba putih untuk semua keluarga yang bisa dipakai untuk salat Idulfitri, satu set baju kembar untuk seluruh anggota keluarga untuk acara silaturahmi, dan satu baju bebas untuk masing-masing orang. Ini masih bisa ditambah dengan pembelian alas kaki, tas, dan aksesori lainnya. Coba dihitung, berapa uang yang dikeluarkan untuk ini?
 
Nah, di masa pandemi ini, Anda disarankan untuk salat Idulfitri di rumah saja. Jadi, tak ada salahnya untuk tidak membeli baju baru. Tak ada lagi juga acara silaturahmi fisik dan digantikan dengan tatap muka secara virtual yang tidak mengharuskan Anda dandan top to toe. Jadi, Anda bisa beli baju untuk atasan saja. Atau, malah tak diperlukan sama sekali untuk orang tuanya. Belikan baju baru untuk anak saja sebagai bentuk apresiasi atas konsistensinya berpuasa.


5. Tak Perlu Memenuhi Meja dengan Kue

Berbelanja kue memang menjadi hal menyenangkan menjelang Lebaran. Akan tetapi, perlukan Anda memenuhi meja dengan kue seperti Lebaran-Lebaran sebelumnya? Sebab, tahun ini tentu tak akan ada kerabat yang berkunjung ke rumah. Akan sia-sia jika kue-kue itu malah menumpuk dan tak kunjung tersentuh. Beli kue secukupnya saja untuk keluarga inti Anda.
 
Anda juga bisa membuatnya sendiri agar lebih hemat dan bisa lebih yakin juga akan sterilitasnya. Di samping itu, aktivitas membuat kue juga dapat menjadi momen bonding Anda dengan anak-anak.


6. Pantau Harga Perhiasan

Biasanya, toko perhiasan adalah salah satu destinasi yang juga ramai dikunjungi menjelang Lebaran. Banyak orang menggunakan THR-nya untuk membeli atau menukar-tambah perhiasan. Bila Anda berminat untuk melakukannya, selalu pantau tinggi atau rendahnya harga perhiasan di pasaran terlebih dahulu.
 
 
Baca juga:
Banyak Pengeluaran Bulan Ramadhan, Lakukan Ini Agar THR Tak Cepat Habis
Cara Cerdas Kelola THR
Penyebab Boros Saat Lebaran
3 Langkah Bijak Agar THR Si Kecil Jadi Bermakna
6 Trik Lebih Hemat Belanja Baju Lebaran
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #covid-19

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Bijak Mengatur THR di Masa Pandemi

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia