Coba 7 Permainan Ini Bersama Anak Saat di Supermarket



 


















Berbelanja memang bisa menjadi media anak belajar mengenal makanan dan benda-benda yang berada di sekitarnya. Dengan berbelanja anak bisa belajar mengenal berbagai jenis buah-buahan, sayur-mayur dan sebagainya.

Selain belajar anak juga bisa bermain bersama mama loh! Yuk intip permainan apa saja yang mengasyikan apa saja yang bisa dimainkan dengan si kecil saat berada di supermarket.

Tebak Makanan:  Sebut nama buah, sayur, atau makanan lainnya, dan minta anak menunjuk makanan yang Anda sebutkan, misalnya “Mana tomat?”  “Yang mana yang bernama udang?”  dan seterusnya.
Manfaat:  Mengenal aneka makanan, mengasah pengetahuan dan memori.
 
Timbang dan Takar:   Ajak ia bermain takaran dengan cara menjajal cara menimbang –misalnya menimbang berat sebutir apel–  dan menakar, misalnya 250 gram beras menggunakan gelas takar.
Manfaat:    Mengenalkan takaran, melatih motorik halus.
 
Dipilih, Dipilih:   Ajak anak ikut memilih bawang merah atau buah kelengkeng yang akan dibeli. Ajarkan caranya. Kalau mendapati  buah yang busuk, ekspresikan  “Wah, buah ini busuk!” Lakukan sambil berhitung, misalnya “Yuk, kita pilih lima butir kentang yang bagus-bagus.”
Manfaat   Melatih motorik halus, menambah pengetahuan makanan, belajar ekspresi, belajar berhitung.
 
Ini Halus, Itu Harum:   “Coba pegang ini. Bagaimana rasanya?” katakan sambil menyentuhkan tangan anak pada gundukan kacang hijau. Atau sorongkan buah beraroma harum ke hidungnya dan tanya,  “Baunya harum, tidak ya?”   
ManfaatMengenalkan tekstur dan aroma, melatih taktil.


Baca juga: Mengatur Belanja Bahan Makanan
 
Ceritakan Urutannya:  Ajak anak memperhatikan bagaimana kelapa diparut, daging digiling atau urut-urutan saat penjual menimbang, memotong dan membungkus daging ayam. Kemudian minta ia menceritakan ulang.
Manfaat   Belajar proses dan urut-urutan, belajar mengamati.

Dorong Trolimu:   Minta anak berada di depan Anda dengan mendorong troli kecil yang dipinjam dari pasar swalayan. Anda di belakangnya, dengan mengarahkannya seolah-olah Anda ‘masinis’: “Jalan lurus... Belok kiri...”
Manfaat:  Melatih motorik kasar, melatih mendengarkan instruksi.
 
 Asyiknya Antri:  Saat antri membayar di depan kasir, ajak anak bermain “jadi patung” atau mengikuti instruksi Anda, misalnya “pegang telinga!”, “Angkat satu kaki!” dan sebagainya. Sekaligus jelaskan mengapa kita harus antri.   
Manfaat:  Melatih gerakan bergantian dan mendengarkan instruksi.
 
Kasir itu Apa:   Ajak anak berkenalan dengan kasir supermarket sambil menerangkan tugas kasir. Si kecil boleh membantu, misalnya mengeluarkan isi troli hasil belanja Anda, atau memegangi tas belanja saat belanjaan dimasukkan.
Manfaat   Mengenal profesi, melatih keterampilan bersosialisasi.


 

 

Edisi Terbaru

Family Holiday

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia