6 Manfaat Pelukan dengan Pasangan


Berpelukan, hal simpel yang ternyata punya manfaat besar. Riset menunjukkan bahwa berpelukan dengan pasangan memiliki manfaat terhadap kesehatan fisik dan mental perempuan. Apa sajakah?

  • Mengurangi Stres dan Membuat Bahagia

Aktivitas berpelukan menghasilkan dua hormon dalam tubuh, yakni oksitosin dan serotonin. Hormon oksitosin membuat Anda merasa rileks dan bisa mengurangi stres, depresi, kemarahan, kesepian, kecemasan, atau emosi negatif lainnya. Sementara hormon serotonin bekerja mengatur mood Anda dan membuat Anda lebih bahagia.
 
Melansir dari BBC, untuk perempuan, kabar baiknya adalah bahwa hormon oksitosin bekerja lebih baik dalam meningkatkan ketenangan dan perasaan lebih rileks pada perempuan dibandingkan pada laki-laki.

  • Imun Tubuh Lebih Kuat

Sebuah penelitian yang dilakukan Carneige Mellon University, AS, menyebut bahwa berpelukan membuat orang dewasa tidak mudah terserang penyakit. Frekuensi berpelukan yang lebih banyak membuat imun tubuh mereka lebih kuat.

  • Menurunkan Tekanan Darah dan Menjaga Kesehatan Jantung

Medelleine M. Castellanos, MD, psikiatris di New York, AS, mengatakan bahwa berpelukan dapat menurunkan tekanan darah. Berpelukan juga bisa menjaga irama detak jantung tetap normal. Hal ini sama seperti saat berolahraga.

  • Membantu Mengingat Lebih Baik

Medical University of Vienna, Austria, mempublikasikan bahwa berpelukan dapat meningkatkan memori. Hal ini disebabkan saat berpelukan, tubuh kita akan menjadi rileks dan peredaran darah pun akan lancar mengalir ke seluruh tubuh, termasuk otak. Sehingga, kinerja otak pun akan lebih baik.

  • Mempererat Keintiman dengan Pasangan

Sebuah penelitian terhadap beberapa pasangan yang rutin memeluk oleh Cognition and Affect Regulation Laboratory di University of Lausanne, Swiss, menunjukkan bahwa aktivitas memeluk menimbulkan keintiman dan kepuasan yang lebih besar dengan pasangannya.

  • Meningkatkan Kepercayaan dalam Hubungan

Mengutip dari National Public Radio (NPR), AS, salah satu keuntungan dari berpelukan adalah meningkatkan kepercayaan. Berpelukan dapat memicu hormon oksitosin yang merangsang perasaan percaya. Selain itu, berpelukan membuat seseorang merasa berharga. Orang yang sering dipeluk akan lebih merasa percaya diri.
 
 
Minimal 8 Pelukan Tiap Hari
Virginia Satir, family therapist dari Amerika Serikat, mengatakan bahwa kita membutuhkan paling tidak 8 pelukan setiap hari. Tapi tidak menutup kemungkinan bila Anda mau berpelukan lebih banyak.
 
Berpelukan di Pagi Hari
Melansir dari USA Today, berpelukan di pagi hari sebelum memulai aktivitas dapat menjaga diri dari risiko stres yang disebabkan pekerjaan dari luar. Jadi, sudah berpelukan dengan Papa hari ini, Ma?
 

Baca juga:
Tujuh Manfaat Berpelukan
Manfaat 17 Pelukan Sehari
Keajaiban Pelukan
Pelukan Tingkatkan Percaya Diri Anak
Arti Pelukan Bagi Kesehatan Bayi
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: UNSPLASH

 
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

6 Manfaat Pelukan dengan Pasangan

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia