7 Asupan Sehat Buka Puasa agar Timbangan Tetap Stabil

 


Sebentar lagi puasa, Ma. Buka puasa kurang pas rasanya kalau tidak ada yang manis, berkuah, dan gorengan. Tapi ups…. hati-hati dengan timbangan Anda di akhir bulan Ramadan, Ma. Cek asupan Anda dan ganti dengan yang lebih sehat...
 

  • Susu Kental Manis, Ganti dengan... Madu

Susu kental manis memiliki kandungan gula yang tinggi. Untuk setiap 100 gram susu kental manis, terdapat kandungan gula sebesar 54 gram.
 

Padahal, menurut American Heart Association (AHA), jumlah maksimum konsumsi gula yang direkomendasikan per hari untuk laki-laki dewasa adalah 37,5 gram atau setara dengan 150 kalori dan 25 gram atau setara dengan 100 kalori untuk perempuan dewasa. Lebih dari itu, 100 gram susu kental manis saja sudah menyumbang kalori sebesar 320 kalori. Sehingga, konsumsi susu kental manis rutin selama buka puasa dikhawatirkan dapat membuat berat badan Anda naik dan juga meningkatkan risiko obesitas atau diabetes.
 

Sementara, madu memiliki rasa manis alami dan lebih kaya vitamin dan antioksidan. Madu mengandung vitamin A, E, C, dan B kompleks. Madu dikenal dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem imun tubuh. Ini sangat penting dikonsumsi saat puasa, terutama di masa pandemi seperti ini.
 

  • Santan, Ganti dengan... Krimer Nabati

Santan tinggi kalori. Bila Anda tidak mengelola menu makanan dengan baik, maka santan bisa menjadi penyumbang kenaikan berat badan Anda selama puasa. Di samping itu santan juga tinggi lemak. Satu cangkir santan menghasilkan sekitar 40 gram lemak saat dikonsumsi.
 

Krimer dapat menggantikan santan dengan cita rasa yang tak jauh berbeda. Pilihlah krimer yang terbuat dari bahan nabati yang bebas lemak trans.
 

  • Gorengan, Ganti dengan... Kacang-kacangan

Gorengan menganduk lemak trans serta kolestrol yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Sementara, kacang-kacangan mengandung protein, serat, folat yang tinggi. Di samping itu, beberapa jenis kacang juga mengandung zat besi serta beberapa jenis vitamin.
 

  • Puding Siap Saji, Ganti dengan...Kurma

Slurp… puding yang manis dan lembut memang menggoda untuk buka puasa. Tapi, puding siap saji sering kali memiliki kandungan gula yang tinggi. Kurma dapat menjadi pengganti yang tak kalah manisnya. Kurma yang kaya berbagai vitamin dan mineral membuat buka puasa Anda jadi lebih sehat.
 

  • Sirup Manis, Ganti dengan... Air Kelapa Muda

Sirup manis berwarna rasanya sudah jadi hidangan yang selalu ada di meja makan saat buka puasa. Tapi, sirup juga tinggi gula. Gantikan dengan air kelapa muda untuk menghidrasi tubuh kembali dengan kandungan potasiumnya yang tinggi.
 

  • Boba, Ganti dengan... Buah Asli

Puasa sering kali dijadikan ajang untuk sekalian menurunkan berat badan. Tapi, sering gagal lantaran menu buka puasa Anda. Jenis minuman yang kian digemari ini tinggi kalori, lho. Satu porsi boba mengandung 230 kalori. Boba juga memiliki kandungan gula yang tinggi. Gantikan dengan buah asli saja yang manis, segar, dan rendah kalori.
 

  • Martabak/Cake, Ganti dengan... Salad Buah

Martabak atau cake selain tinggi kalori juga tinggi gula. Nah, lebih baik diganti dengan salad buah, deh. Lebih baik lagi bila ditambah yoghurt untuk kelancaran pencernaan.

 

Baca juga:

Hindari Melakukan Ini saat Puasa

6 Tip Penuhi Nutrisi saat Puasa

6 Hal Positif yang Bisa Dicontohkan Selama Puasa

Resep: Kue Labu untuk Menu Buka Puasa

Olah Makanan Sisa Buka Puasa Ini Jadi Menu Sahur Praktis

 

LELA LATIFA

FOTO: UNSPLASH

 

 

 

 


Topic

#lebaran #puasa #sahur #ramadhan #ramadan #pranaramadan #ramadanparenting #reseplebaran #resepramadan #resepramadhan #menupuasa

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

7 Asupan Sehat Buka Puasa agar Timbangan Tetap Stabil