Efek Negatif Asupan Gula Berlebihan

Sepotong kue cokelat dan semangkuk es krim barangkali ampuh menjadi obat penawar lelah. Tapi, hati-hati, penelitian membuktikan bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan manis bisa membuat tubuh kita kelihatan lebih tua dari usia sebenarnya.

1. Kulit cepat keriput Dr. Marilyn Glenville, pakar nutrisi dan penulis belasan buku tentang kesehatan dari London, Inggris, menyatakan bahwa di dalam tubuh, gula akan bereaksi dengan protein dan membentuk hasil akhir berupa zat yang bernama advanced glycation end-products (AGEs). Zat ini bisa memicu terjadinya pengerasan sel-sel kulit yang pada akhirnya akan mengurangi elastisitas kulit dan mengakibatkan kulit lekas keriput.

2. Tubuh sakit-sakitan Konsumsi gula terlalu banyak juga bisa melemahkan sistem imunitas tubuh. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Kolombia, sel darah putih membutuhkan vitamin C untuk memerangi kuman penyakit di dalam tubuh. Ketika kita mengonsumsi makanan manis, gula akan masuk ke dalam darah dan merebut posisi vitamin C di dalam darah. Akibatnya, selama beberapa jam kemudian, sel darah putih akan kehilangan kemampuannya melawan kuman penyakit. Tubuh sakit-sakitan tentu akan membuat penampilan Anda tidak segar, bukan?

3. Kekuatan memori melemah Sebuah penelitian yang dilakukan di Georgia State University, Amerika, membuktikan bahwa asupan gula terlalu banyak bisa mengakibatkan penurunan ketajaman otak dalam mengingat informasi. Menurut para peneliti, konsumsi gula berlebihan bisa mengurangi kemampuan hormon insulin dalam memberikan sinyal pada otak. Padahal, keberadaan sinyal-sinyal tersebut amat penting untuk memastikan bahwa otak dapat menjalankan fungsi mengingat dan berpikir dengan baik. Makanya, jangan heran bila Anda sering melupakan nama kenalan baru, jadwal presentasi, dan lain-lain akibat terlalu sering mengalami kondisi ‘sugar rush’.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Efek Negatif Asupan Gula Berlebihan