3 Daftar Bahan Sarapan Terbaik untuk Keluarga


 

Anda barangkali sudah banyak mendengar seruan untuk tidak melewatkan sarapan. Sarapan memang punya banyak manfaat, di antaranya dapat memberikan Anda energi, membantu membuat lebih konsentrasi, dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Bahkan, sarapan di pagi hari juga dikaitkan dengan manfaat penurunan berat badan lantaran dapat menghindarkan Anda dari makan tidak terkontrol.
 
Franziska Spritzler, R.D., C.D.E., ahli gizi dan nutrisionis penulis buku The Low Carb Dietitian's Guide to Health and Beauty, mengatakan bahwa sekalipun punya manfaat yang baik untuk tubuh, Anda tetap perlu memilah dan memilih bahan makanan yang baik untuk diolah menjadi menu sarapan.
 
Berikut ini adalah bahan makanan terbaik yang bisa Anda konsumsi saat sarapan, rekomendasi dari Franziska:
 
1. Telur
Mengonsumsi telur saat sarapan dapat meningkatkan perasaan kenyang. Di samping itu, mengonsumsi telur juga dapat membantu Anda memberi rasa puas sehingga mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari dibandingkan mereka yang mengonsumsi roti.
 
Tak hanya itu, kuning telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yakni antioksidan yang dapat membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula di usia dini. Telur juga merupakan salah satu sumber kolin, yakni nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan otak dan hati.
 
Pertanyaan umum: Bukankah telur tinggi kolestrol? Apakah baik?
Faktanya, meskipun tinggi kolesterol, telur tidak meningkatkan kadar kolesterol pada kebanyakan orang. Mengonsumsi telur utuh dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan kolestrol HDL baik, serta meningkakan sensitivitas insulin.
 
2. Greek Yoghurt
Yoghurt adalah salah satu makanan yang tinggi protein. Protein terbukti mengurangi rasa lapar dan memiliki efek pada peningkatan laju metabolism setelah makan. Efek tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan setelah mengonsumsi lemak atau karbohidrat.
 
Yoghurt juga dapat membantu mengontrol berat badan karena manfaatnya meningkatkan kadar hormon yang meningkatkan rasa kenyang. Tak hanya itu, yoghurt juga mengandung asam linoleat yang dapat meningkatkan kehilangan lemak serta mengurangi risiko kanker payudara.
 
Pertanyaan umum: Bukankah yoghurt memiliki rasa asam? Apakah aman untuk dikonsumsi di pagi hari?
Tidak masalah! Yoghurt merupakan sumber probiotik yang membantu usus tetap sehat. Anda bisa menambahkan buah di atas yoghurt untuk memperkaya rasa serta meningkatkan kandungan vitamin, mineral, dan serat makanan.
 
3. Oatmeal
Oatmeal adalah pilihan sarapan terbaik bagi penggemar sereal. Oatmeal terbuat dari gandum yang mengandung serat oat beta-glukan yang dapat mengurangi kolestrol. Kandungan tersebutlah yang juga memberikan efek kenyang. Di samping itu, oatmeal juga kaya antioksidan.
 
Pertanyaan umum: Apakah oatmeal aman untuk orang-orang dengan penyakit celiac atau sensitivitas terhadap gluten?
Bagi orang-orang dengan penyakit celiac atau sensitivitas terhadap gluten harus memilih oat yang telah disertifikasi bebas gluten.
 
 
Baca juga:
Bonding Keluarga Lewat Sarapan
8 Ide Sarapan dari Berbagai Negara
Anak Malas Sarapan? Ini Solusinya!
Ajarkan Anak Buat Sarapan Sendiri
Buat Sarapan Lebih Menyenangkan
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: UNSPLASH

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

3 Daftar Bahan Sarapan Terbaik untuk Keluarga

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia