Terlalu Lama Pakai Masker Sebabkan Jerawat



 

Setiap melihat ada jerawat di wajah, Anda pasti kesal. Walaupun kecil, ia mampu membuat kita merasa tidak percaya diri.
 
Sayangnya, belakangan banyak yang mengeluh bahwa terlalu lama pakai masker bisa membuat kulit jadi berjerawat. Skin specialist, dr. Arini Astasari Widodo, Sp. KK membenarkan hal ini. Ia menceritakan bahwa belakangan banyak menerima konsultasi online dari pasien yang mengeluhkan masalah jerawat. Ia juga menambahkan, “Rata-rata perawat, garda terdepan juga banyak timbul jerawat karena mengunakan masker dalam waktu yang lama.”
 
Jerawat biasa muncul di area yang tertutupi masker, seperti di area hidung, sekitar pipi, dan dagu. Hal ini disebabkan, saat memakai masker, tentunya sirkulasi udara yang kita hirup dan hembuskan tidak maksimal. Ini mengakibatkan peningkatan temperatur dan kelembapan di area yang tertutup masker. Nah, area yang lembap tersebut menjadi tempat ideal bagi bakteri untuk tumbuh.
 
Di samping itu, alasan lainnya adalah udara yang ‘terkekang’ di dalam masker, membuat pori-pori kita mudah tersumbat. Ini adalah salah satu pemicu utama munculnya jerawat.
 
Tak hanya itu, penggunaan masker juga dapat menyebabkan jerawat yang ditimbulkan akibat goresan. “Penggunaan masker itu harus pas, tidak boleh terlalu ketat,” ujar dr. Arini. Ketika masker terlalu ketat, akan menyebabkan gesekan dan bila dibiarkan akan memicu jerawat.
 
 
Baca juga:
7 Langkah Merawat Wajah Bila Terlalu Sering Pakai Masker
3 Langkah Pakai Masker Kain yang Benar
5 Aturan Memakai Masker yang Benar untuk Cegah Corona
Munculnya Jerawat Saat Dewasa
Kelebihan Hormon Ini Sebabkan Kulit Berjerawat
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK

 
 
 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #covid-19

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Terlalu Lama Pakai Masker Sebabkan Jerawat

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia