13 Langkah Mudah Menghindari Buang-buang Makanan (Bagian 2)


 

Kebiasan buang-buang makanan selain merugikan keuangan Anda, ternyata juga berkontribusi negatif terhadap lingkungan. Limbah makanan yang membusuk dapat menghasilkan gas metana yang merupakan gas rumah kaca kedua yang paling umum. Limbah makanan menyumbang 8% dari emisi gas rumah kaca tahunan yang  berkontribusi terhadap perubahan iklim.
 
Jilian Kubala, M.S., R.D., ahli gizi di New York, AS, membagikan tip mengurangi kebiasaan buang-buang makanan yang bisa Anda terapkan:
(Lanjutan dari artikel  13 Langkah Mudah Menghindari Buang-buang Makanan (Bagian 1):

7. Blend It Up

Memadukan berbagai bahan makanan ke dalam smoothie bernutrisi bisa menjadi cara yang lezat untuk mengurangi sisa makanan. Campurkan bahan-bahan seperti buah atau sayur yang sudah matang dengan bahan lain yang masih segar.

8. Sesuai Porsi

Menyiapkan makan melebihi porsi yang seharusnya adalah kebiasaan banyak orang. Pastikan Anda selalu memasak sesuai jumlah porsi keluarga yang ada di rumah.

9. Bersahabat dengan Freezer

Simpan makanan dalam bentuk beku untuk menghindari kerusakan yang membuat makanan harus dibuang. Oleh karenanya, simpan makanan dalam bentuk beku di freezer. Untuk sayur-sayuran, Anda bisa menggunakan teknik blansir.

10. Membuat Kompos

Membuat kompos adalah cara yang bermanfaat untuk menggunakan kembali sisa makanan. Anda bisa mengubah limbah makanan menjadi energi untuk tanaman.

11. Bawa Bekal

Pergi makan siang di luar bersama rekan kerja memang menyenangkan. Akan tetapi juga mengakibatkan pengeluaran berlebih dan berkontribusi pada sisa makanan. Cara yang bermanfaat untuk menghemat uang sekaligus mengurangi sampah makanan adalah dengan menyiapkan bekal makan siang sendiri.

12. Memanfaatkan Ampas

Anda kemanakan ampas kopi Anda? Ternyata ampas kopi ini punya banyak manfaat. Ampas ini dapat ditaburkan sebagai pupuk bagi tanaman. Sebab, ampas kopi memiliki kandungan nitrogen yang tinggi, fosfor serta kalium yang dibutuhkan tanaman. Tak hanya itu, menaburkan ampas kompi di daerah berumput dapat mencegah nyamuk betina bertelur.

13. Manjakan Diri Anda

Jika Anda ingin menghemat uang, gunakan sisa bahan makanan sebagai jawaban. Contoh, sisa mentimun berlebih bisa Anda jadikan masker wajah alami, atau memanfaatkan sisa ampas kopi untuk dibalurkan pada siku lengan untuk hasil siku halus.
 
 
Baca juga:
Solusi Bila Anak Senang Buang-buang Makanan
5 Tip Hemat Belanja di Supermarket
Mengatur Belanja Bahan Makanan
Anak Mulai Hobi Belanja, Wajarkah?
 
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: UNSPLASH

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

13 Langkah Mudah Menghindari Buang-buang Makanan (Bagian 2)

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia