5 Makanan Sehat Penambah Daya Tahan Tubuh


 

Di tengah merebaknya wabah Corona, kewaspadaan perlu ditingkatkan, nih, Ma. Salah satunya, memastikan asupan makanan yang dikonsumsi seluruh anggota keluarga adalah makanan yang sehat. Hal ini diperlukan untuk memberikan perlindungan maksimal bagi setiap anggota keluarga. Dengan daya tahan  tubuh yang baik, keluarga Anda akan terhindar dari berbagai penyakit, termasuk virus Covid-19.
 
Beberapa makanan ini bisa Anda sediakan di rumah untuk meningkatkan daya tahan tubuh seluruh anggota keluarga:
 

Buah-buahan Berry
Buah-buahan dari keluarga berry memang terkenal dengan khasiatnya sebagai penangkal radikal bebas. Franziska Spritzler, RD., CDE., registered nutrition and dietetics di California, AS, menunjukkan betapa pentingnya menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Menurutnya, radikal bebas akan mengganggu sistem tubuh sehingga tidak mampu bertahan melawan bakteri dan virus. Buah berry yang memiliki kandungan antioksidan tinggi adalah blueberry, blackberry, dan raspberry.
 
Selain itu, Spritzler juga menjelaskan bahwa buah-buahan berry memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ia menyebutkan bahwa stoberi adalah buah dari keluarga berry yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi dibanding yang lainnya. Dalam satu cangkir stroberi atau setara dengan 144 gr, Anda bisa mendapatkan 50% jumlah vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari.
 
Tip penyajian: Sajikan dengan cara diblender sebagai jus atau dibuat smoothies. Bisa juga dicampur dengan oatmeal.
 

Yoghurt
Produk olahan susu sudah masyur dengan manfaatnya dalam menjaga kesehatan usus serta meningkatkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Namun, ternyata produk fermentasi ini juga punya manfaat lain. Sebuah penelitian Tufts University, Boston, yang digawangi oleh The Jean Mayer US Department of Agriculture Human Nutrition Research Center on Aging, menunjukkan bahwa yoghurt memiliki efek imunologi. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The American Journal of Clinical Nutrition ini memperlihatkan manfaat yoghurt dalam meningkatkan respon imun, yang akan membantu meningkatkan resistensi terhadap penyakit yang berhubungan dengan kekebalan tubuh.
 
Tip penyajian: sajikan dingin sebagai camilan. Bisa dicampur dengan topping buah-buahan seperti jenis berry (stroberi atau blueberry) yang kaya vitamin C.
 

Madu
Madu dikenal sebagai pemanis yang lebih ramah kalori ketimbang gula. Ternyata mengonsumsi madu juga dapat menjadi pelindung Anda di masa merebaknya wabah Corona ini. Madu memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh Anda lebih kuat dalam melawan virus dan bakteri.
 
Tak hanya itu, Kris Gunnars, BSc., peneliti nutrisi dari Authority Nutrition, Selandia Baru, mengungkapkan manfaat madu untuk meredakan batuk. Madu dapat dijadikan obat batuk yang menurutnya bekerja lebih baik dari 2 obat batuk biasa. Selain itu, madu menurutnya lebih efektif dalam melegakan pernapasan akibat batuk dan meningkatkan kualitas tidur dibandingkan dengan obat batuk biasa. Ia juga menggaris bawahi bahwa madu tidak memiliki efek samping seperti obat. Sehingga, semakin baik untuk dikonsumsi. Namun, Anda sebaiknya tidak memberikan madu pada anak di bawah usia 1 tahun karena masih sulit untuk dicerna.
 
Tip penyajian: langsung ditelan atau dicampur air putih. Bisa juga dijadikan topping makanan seperti waffle atau pancake.
 

Cabai
Wah, siapa yang tak suka sambal? Sambal sudah sangat lekat dengan menu sehari-hari orang Indonesia, ya, Ma. Nah, selain membuat makanan yang Anda santap semakin nikmat, cabai ternyata juga berkhasiat dalam menjaga imun tubuh. Cabai mengandung vitamin C yang memperkuat daya tahan tubuh.
 
Selain itu, menurut Dr. Nicholas Perricone, MD., pakar kesehatan perempuan dari Michigan State University College of Human Medicine, AS, manfaat capcaisin yang terdapat dalam cabai dapat mengatasi hidung tersumbat. “Bahan kimia yang murni alami ini juga akan membersihkan saluran hidung yang tersumbat. Juga sangat membantu dalam mengobati gejala alergi terkait sinus. Dosis harian kecil capsaicin bahkan telah menunjukkan dapat membantu mencegah hidung tersumbat kronis,” ujarnya.
 
Tip penyajian: dicampukan ke dalam masakan, dijadikan sambal, atau dimakan langsung.
 

Lemon
Meskipun lemon tidak berada di urutan teratas dalam daftar buah yang kaya vitamin C, namun lemon tetap menjadi sumber vitamin C yang baik. Menurut US Department Of Agriculture, satu porsi jus lemon menyediakan sekitar 18,6 miligram vitamin C.


Sementara itu, Natalie Olsen, RD., LD., ACSM EP-C., dietitian and exercise physiologist dari Austin, Texas, AS, mengatakan bahwa mencampurkan lemon ke dalam air dapat memberikan tambahan rasa pada air sehingga Anda dapat minum lebih banyak. Ini tentu bermanfaat untuk menghidrasi tubuh sehingga tidak mudah lemas menghadapi cuaca yang tidak menentu dan kondisi saat ini.

Tip penyajian: bisa diiris dan dimasukkan ke dalam air.

 

Baca juga:

Anak Sehat Makan Buah dan Sayur

Ingin Keluarga Sehat, Jangan Lupakan 4 Pilar Gizi Seimbang

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Ini Caranya Menyiapkan Makanan Sehat untuk Anak

Agar Anak Konsumsi Makanan Sehat

 

 

(LELA LATIFA)

FOTO: PIXABAY

 

 
 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #viruscorona

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

5 Makanan Sehat Penambah Daya Tahan Tubuh

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia