6 Langkah Mencegah Penularan Virus Covid-19


 

Jumlah orang yang terinfeksi virus Corona (COVID-19) dikabarkan terus mengalami peningkatan. Bahkan, jumlah negara yang melaporkan kasus ini juga bertambah. Lantas bagaimana cara melindungi diri Anda dan keluarga? Simak panduan dari WHO berikut ini:

1. Cuci Tangan Sesering Mungkin

COVID-19 menyebar bukan melalui udara, melainkan lewat percikan (droplets) bersin atau batuk penderitanya. Besar kemungkinan Anda menyentuh benda yang terkena percikan tersebut. Sehingga, penting bagi Anda untuk mencuci tangan sesering mungkin—sesudah melakukan aktivitas apa pun. Cuci tangan di bawah air mengalir dan sabun dengan gerakan yang tepat selama setidaknya 20 detik untuk membunuh virus yang mungkin menempel di tangan Anda. Bila air dan sabun tidak tersedia, Anda bisa menggunakan hand sanitizer yang setidaknya mengandung alkohol 60%.

2. Jaga Jarak

Pertahankan jarak setidaknya 1 meter dengan siapa saja yang mungkin batuk dan bersin. Sebab, saat seseorang batuk atau bersin, mereka mungkin mengeluarkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mengandung virus, termasuk virus corona.

3. Hindari Menyentuh Mata, Hidung, dan Mulut

Tangan Anda menyentuh banyak permukaan yang mungkin saja terpapar virus. Setelah terkontaminasi, virus dapat bertransmisi ke mata, hidung, atau mulut Anda. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh Anda dan bisa membuat Anda sakit.

4. Terapkan Etika Bersin dan Batuk

Pastikan Anda menerapkan etika saat bersin dan batuk yakni dengan menutupi mulut dan hidung Anda dengan menekukkan bagian dalam siku ke depan mulut dan hidung. Anda bisa juga menggunakan tisu dan kemudian segera buang tisu bekas Anda. Dengan menerapkan etika berikut, Anda bisa melindungi orang-orang di sekitar Anda dari virus seperti flu, batuk, dan COVID-19.

5. Pakai Masker Saat Sedang Sakit

Tetap di rumah jika Anda merasa tidak sehat. Atau bila harus keluar rumah, pastikan menggunakan masker.

6. Ikuti Informasi tentang Corona

Pastikan Anda terus mengikuti informasi seputar perkembangan kasus corona untuk mendapatkan rekomendasi dari otoritas setempat, misalnya tentang daerah merah yang sebaiknya tidak didatangi atau rumah sakit rujukan yang bisa Anda kunjungi.
 
Di samping itu, US Centers for Disease Control (CDC) juga merekomendasikan untuk menghindari berjabat tangan atau menyentuh benda-benda seperti pintu langsung dengan telapak tangan.
 
 
Baca juga:
Cara Mencegah Tertular Virus Corona
Benarkah Masker Efektif Mencegah Penularan Virus Corona?
Prosedur Pemeriksaan COVID-19 yang Harus Anda Ketahui
8 Pesan IDAI untuk Melindungi Anak-Anak dari COVID-19
Phsyical Distancing Gantikan Social Distancing, Apa Artinya?
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #viruscorona

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

6 Langkah Mencegah Penularan Virus Covid-19