7 Kunci Lindungi Diri dari Mutasi Baru Covid B.1.1.7



 

Mutasi baru covid tipe B.1.1.7 diketahui memiliki viral load yang lebih tinggi. Ini artinya, mereka dapat mengeluarkan lebih banyak partikel yang mengandung virus saat mereka bernapas, berbicara, batuk, atau bersin. Sehingga, droplets dari orang yang terinfeksi tipe ini mengandung lebih banyak virus. Hal tersebut menyebabkan, konsentrasi partikel virus yang melayang di udara lebih cepat menumpuk.
 

Untuk itu, apa yang harus Anda lakukan untuk melindungi diri?
 

  1. Pastikan Pakai Masker yang Tepat

Mengingat tipe baru ini lebih mudah menyebar, maka kemungkinan untuk tertular jadi lebih tinggi. Untuk itu, pastikan Anda memilih masker yang tepat. Masker N95 memberikan perlindungan terbaik. Efektivitasnya mencapai 95%. Sementara masker medis juga memiliki efektivitas 30%-90%. Masker kain yang memiliki kerapatan baik memiliki efektivitas hingga 60%.
 

Di samping itu, pastian Anda memakai masker dengan cara yang benar. Masker harus menutup seluruh area hidung dan mulut. Sebab, masker yang tidak dipakai dengan cara benar akan mengurangi efektivitas perlindungannya hingga 50%.
 

  1. Selalu Patuhi Jarak Fisik

Bisa dikatakan bahwa jarak fisik sangat berperan besar dalam mencegah penularan covid-19. Bila mungkin, tingkatkan jarak fisik untuk mengurangi risiko. Ingatlah bahwa orang-orang dapat menularkan virus bahkan sebelum mereka mulai menunjukkan gejala, dan banyak dari mereka tidak pernah menunjukkan gejala.
 

  1. Perhatikan Ventilasi

Sebisa mungkin hindari berada di ruangan tertutup yang tidak memiliki ventilasi yang baik. Sebab, virus tipe B.1.1.7 ini lebih mungkin menumpuk dalam jumlah banyak di udara selama berjam-jam.
 

  1. Durasi Singkat

Bila memang ingin keluar atau bertemu dengan orang lain, pastikan durasinya hanya sebentar saja.
 

  1. Batasi Keluar Rumah

Pastikan untuk keluar rumah bila ada kebutuhan yang benar-benar mendesak saja. Apabila mungkin, ajukan untuk bekerja dari rumah.
 

  1. Hindari Kumpul-kumpul

Anda tidak pernah tahu siapa yang sudah terinfeksi virus covid tipe B.1.1.7 ini. Oleh karenanya, lebih baik menghindari acara kumpul-kumpul.
 

  1. Sering Cuci Tangan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun, terlebih ketika sudah menyentuh benda-benda yang banyak disentuh orang lain. Bila tidak tersedia sabun, gunakan hand sanitizer.

 

Baca juga:

Kini Giliran Para Wartawan Senior Termasuk Pendiri Femina dan Ayahbunda Mendapatkan Vaksinasi Covid-19

Langkah Aman Menyusui saat Ibu Positif COVID-19

Kriteria Orang yang Tidak Bisa Divaksin COVID-19

Ini Reaksi yang Mungkin Muncul Setelah Divaksin COVID-19

 

LELA LATIFA

FOTO: FREEPIK

 

 

 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #covid-19

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

7 Kunci Lindungi Diri dari Mutasi Baru Covid B.1.1.7

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia