Langkah Aman Menyusui saat Ibu Positif COVID-19



 

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul seputar COVID-19 dari para ibu adalah bolehkah ibu yang terinfeksi COVID-19 menyusui bayinya? ASI merupakan asupan utama yang paling baik sampai bayi berusia 6 bulan. Di samping itu, pemberian ASI juga dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya.
 

dr. RA Adaninggar, Sp.PD, yang kerap dipanggil dokter Ning, Internist dan Health Educator dalam Webinar bersama Ayahbunda & Parenting Indonesia mengatakan bahwa sejauh ini belum ada penelitian khusus yang menunjukkan bahwa virus COVID-19 dapat menular melalui ASI. Oleh karenanya, ibu yang positif COVID-19 tetap diizinkan untuk menyusui atau memberi ASI bayinya.
 

Akan tetapi, dr. Ning memperingatkan bahwa risiko penularan COVID-19 dari ibu ke bayi saat menyusui tetap ada. Hal ini bisa terjadi akibat percikan droplets dari ibu ketika batuk atau bersin saat menyusui maupun dari benda-benda di sekitarnya yang telah terkontaminasi.

 

Berikut ini adalah langkah aman menyusui saat ibu positif COVID-19 agar tidak menular pada bayi dari dr. Ning:

  1. Ibu Harus Cuci Tangan Dulu

Sebelum menyusui atau menyentuh peralatan yang akan digunakan untuk menyusui, ibu harus mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terlebih dahulu. Lakukan langkah cuci tangan yang benar selama 20 detik.
 

  1. Ganti Baju Bersih

Ganti baju yang bersih sebelum Anda menyusui si kecil—baju yang tidak bersentuhan dengan benda-benda seperti sprei atau selimut yang mungkin sudah terkontaminasi droplets Anda. Sebab, besar kemungkinannya si kecil juga akan bersentuhan dengan baju Anda ketika menyusu.
 

  1. Bersihkan Area Payudara dan Puting

Bersihkan kulit di area payudara dan puting sebelum Anda menyusui maupun memompa ASI.
 

  1. Pakai Masker

Sekalipun tidak memiliki gejala, ibu harus tetap memakai masker saat menyusui si kecil. Masker juga harus dipakai saat ibu memompa ASI. Hal ini bertujuan untuk mencegah droplets mengenai si kecil.
 

  1. Disinfeksi Peralatan Menyusui

Jika ingin menggunakan bantal menyusui, ibu harus mendisinfeksinya terlebih dahulu. Di samping itu, bila memberikan ASI perah, pastikan semua peralatan pompa ASI dalam kondisi steril. Botol susu atau medium pemberian ASI perah juga harus dalam kondisi steril sebelum diberikan kepada bayi.
 

  1. Hindari Mencium-cium Bayi

Berat ya, rasanya. Melihat si mungil, pasti keinginan untuk mencium dan memeluknya erat tak bisa dibendung. Tapi, hindari mencium-cium si kecil untuk mencegah penularan COVID-19.
 

Pastikan ibu mengonsumsi makanan sehat, beristirahat yang cukup, serta mengonsumsi obat atau vitamin yang diresepkan secara rutin agar segera pulih.

 

Baca juga:

Waspada Klaster Keluarga, Batasi Si Kecil Main di Luar

Cara Minimalisir Risiko Klaster Keluarga

Memahami Klaster Keluarga

Klaster Keluarga Meningkat, Periksa Apakah Keluarga Anda Berisiko!


 

LELA LATIFA

FOTO: FREEPIK


 

 

 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #covid-19

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Langkah Aman Menyusui saat Ibu Positif COVID-19

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia