Anak-anak Rentan Terpapar Covid-19, Jangan Mudik!

Belakangan ini banyak foto serta video viral mengenai ramainya lalu lintas, bandara, mal, dan pasar. Ada juga laporan yang menyebutkan bahwa tercatat sudah 300.000-an kendaraan meninggalkan Jakarta menuju berbagai kota di H-3 Idulfitri ini. Padahal, saat ini seharusnya semua orang masih dalam kondisi PSBB dan mematuhi anjuran physical distancing. Tak hanya orang dewasa saja, foto-foto dan video tersebut juga memperlihatkan keikutsertaan anak-anak.
 
Dr. dr. Aman B. Pulungan, Sp.A(K), Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), menyayangkan hal ini. “Lebih banyak dilanggar ya, peraturan yang ada,” ujarnya. dr. Aman berharap agar masyarakat tidak berkerumun, mengunjungi keramaian, dan tidak mudik. Sebab, hal ini bisa meningkatkan risiko penularan COVID-19
 
Menurut dr. Aman, anak-anak sangat rentan terpapar COVID-19 bila tradisi mudik masih dijalankan seperti biasa. “Kalau mudik, anak-anak ikut, saya nggak yakin, apa anak-anak betah pakai masker lama-lama,” ujarnya.  Seperti diketahui, memakai masker termasuk salah satu protokol kesehatan yang harus dilakukan untuk mencegah penularan dan tertular dari virus corona.
 
Ia juga menambahkan, “Budaya kita salim tangan, cipika cipiki, saya juga tidak yakin  apakah saat Lebaran bisa dicegah untuk tidak dilakukan.” Segala hal yang melibatkan kontak fisik ini tentu dapat menjadi risiko penularan.
 
Kita tentu tak bisa menjadi manusia egois dengan memaksakan diri memenuhi tradisi Lebaran seperti yang sudah-sudah. Sekalipun tidak bisa melakukan pertemuan secara fisik, kita semua tetap bisa bersilaturahmi dengan bantuan teknologi.
 
 
Baca juga:
Ramadan dan Lebaran Aman di Tengah Pandemi Covid-19
Cara Mencegah Anak-anak Tertular COVID-19
6 Langkah Mencegah Penularan Virus Covid-19
Tunda ke Dokter Kandungan dan Anak Selama Wabah COVID-19, Kecuali…
8 Pesan IDAI untuk Melindungi Anak-Anak dari COVID-19
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY

 
 
 

 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #covid-19

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Anak-anak Rentan Terpapar Covid-19, Jangan Mudik!