ART Kembali dari Mudik, Boleh Langsung Bekerja?




Asisten Rumah Tangga (ART) Anda meminta izin libur untuk mudik Lebaran? Sekalipun sudah ada larangan mudik selain keperluan yang dikecualikan seperti perjalanan dinas, menjenguk keluarga yang sakit, atau melayat keluarga meninggal, beberapa orang memutuskan untuk tetap ke kampung halaman. Bila ART Anda adalah salah satunya, ada beberapa hal yang harus keluarga Anda persiapkan untuk menyambut kehadirannya kembali.
 
Tak Bisa Langsung Bekerja
Tak perlu diragukan lagi, begitu ART mengabarkan bahwa mereka akan kembali dari mudik, hati Mama pasti sangat lega. Hari-hari tanpa ART saat Lebaran memang sangat berat. Anda yang biasanya terbantu dengan keberadaan ART berganti harus mengatasi semua tugas sendiri. Syukur-syukur bila suami dan anak ikut membantu.
 
Akan tetapi, ketika Anda memutuskan untuk mengizinkannya mudik, artinya Anda juga sudah merelakan melakukan pekerjaan rumah sendiri tanpa bantuan lebih lama. Sebab, ART Anda tentu tidak bisa langsung bekerja. Ia harus melaksanakan karantina mandiri.
 
Harus Tes Swab Dulu, Sebaiknya Kapan?
Untuk mencegah penularan COVID-19 pada anggota keluarga Anda, sekembalinya ART dari perjalanan mudik, maka mereka harus melaksanakan karantina mandiri di rumah. ART Anda juga perlu menjalani pemeriksaan swab baik antigen atau PCR (akan lebih baik bila tersedia) untuk mendeteksi virus COVID-19.
 
Akan tetapi, tes swab ini butuh waktu yang tepat. Tes bisa dilakukan di hari kelima setelah ART Anda menjalani karantina mandiri begitu sampai di rumah Anda.
 
Mengapa harus menunggu hari kelima? Sebab, masa inkubasi virus COVID-19 memang cukup lama. Gejala COVID-19 umumnya dapat dirasakan setelah 5-6 hari dari paparan. Gejala muncul selambat-lambatnya setelah empat belas hari. Sehingga, jika swab PCR dilakukan terlalu dini, maka risiko false negative-nya cukup tinggi.
 
Tetap Harus Karantina?
Masa karantina mandiri direkomendasikan dilakukan selama empat belas hari. Akan tetapi, masa karantina ini dapat lebih cepat diakhiri bila hasil tes PCR menunjukkan negatif dan di hari ketujuh tidak menunjukkan gejala.
 
Tetap Jaga Protokol Kesehatan
Sekalipun hasil swab PCR negatif dan ART Anda tidak menunjukkan gejala, akan tetapi risiko untuk terinfeksi atau menulari COVID-19 masih ada. Maka dari itu, ART dan keluarga Anda tetap harus melaksakanan protokol kesehatan ketat hingga hari ke-14. Untuk itu, ART harus tetap pakai masker di rumah dan menjaga jarak dengan anggota keluarga lain. Akan lebih baik bila ia tidak melakukan pekerjaan seperti memasak atau mencuci piring.
 
Persiapan Lain
Hal-hal lain yang tak kalah pentingnya untuk menyambut kehadiran ART yang kembali dari mudik antara lain:

- Menyediakan Baju BersihBegitu ART masuk rumah, minta ia mandi dan ganti dengan baju bersih yang sudah Anda persiapkan. Tujuannya agar ia tak perlu membongkar tas travelnya terlebih dulu yang mana bisa saja ada virus COVID-19 yang menempel di sana.
- Disinfeksi Semua Bawaan ART dari KampungSelama perjalanan, virus COVID-19 bisa saja menempel pada permukaan tas travel maupun oleh-oleh yang dibawa oleh ART Anda. Oleh karenanya, pastikan mendisinfeksi barang-barangnya terlebih dahulu sebelum dibawa masuk ke rumah.
- Kamar dan Kamar Mandi Khusus untuk Karantina MandiriSediakan satu kamar tidur dan kamar mandi khusus untuk melaksanakan karantina mandiri.
- Stok Masker BersihSediakan stok masker bersih untuk dipakai  karantina mandiri selama empat belas hari.
- Peralatan Makan yang BerbedaSediakan peralatan makan dan minum yang berbeda, khusus untuk ART Anda.
 
 
Baca juga:
Dos & Don'ts Isolasi Mandiri di Rumah
Jumlah Pasien Terinfeksi Corona Bertambah, Yang Perlu Diketahui tentang Karantina
18,9 Juta Orang Berencana Nekat Mudik, Ini Bahayanya
 
LTF
FOTO: SHUTTERSTOCK

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

ART Kembali dari Mudik, Boleh Langsung Bekerja?