Lakukan 3 Kebiasaan Sehat Ini untuk Melindungi Keluarga dari Berbagai Penyakit




Pandemi membuat kehidupan kita berubah. Untuk menghindari terinfeksi COVID-19 dan berkontribusi menurunkan laju penularannya, kita juga harus mengubah kebiasaan hidup yang lebih sehat.
 
Sebetulnya, bukan hanya pandemi COVID-19 saja yang menjadi masalah. Masih banyak  isu kesehatan yang menjadi konsentrasi, salah satunya adalah diare. Srinivasan Appan, General Manager Reckitt Indonesia dalam peluncuran Gerakan Keluarga Sehat, Indonesia Kuat yang diinisiasi oleh Dettol mengatakan bahwa diare menyerang lebih dari satu juta anak dan 2 dari 5 anak meninggal karena diare.
 
Indonesia Peringkat 102 dalam Bidang Kesehatan dan Kebersihan
Menurut Srini, kebiasaan personal hygiene yang buruk dapat memperparah kemungkinan terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri, kuman, atau virus. Berdasarkan data yang disampaikan oleh Srinivasan dari The World Bank, saat ini Indonesia menempati peringkat ke 102 dari 140 negara di dunia dalam bidang kesehatan dan kebersihan atau higienitas.
 
Kombinasi antara kondisi tersebut dan situasi pandemi inilah yang mendorong Dettol untuk meluncurkan gerakan Keluarga Sehat Indonesia Kuat yang berkomitmen menerapkan tiga kebiasaan sehat, yakni mencuci tangan dengan sabun, mandi setelah beraktivitas, dan mendisinfeksi rumah secara rutin.
 
Saat ini, Dettol sudah memiliki berbagai produk higienitas antara lain sabun, cairan antiseptik, hand sanitizer, dan air disinfectant. Srini menambahkan, “Melalui solusi produk Dettol, kami percaya bahwa setiap anggota keluarga memegang peranan penting untuk melindungi satu sama lain dari segala jenis virus atau penyakit yang dapat dicegah di masa depan. Mulai dari langkah kecil, kita bisa menciptakan perubahan untuk keluarga yang lebih sehat dan mencapai bangsa yang lebih kuat.”
 


3 Kebiasaan Sehat: Langkah Sederhana Berdampak Besar
Menurut dr. Daeng M Faqih, SH, MH, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang juga hadir dalam acara tersebut, tiga kebiasaan tadi merupakan hal sederhana dan paling mendasar yang dapat membawa perubahan besar. Ia menjelaskan bahwa cuci tangan merupakan bagian dari protokol COVID-19 yang harus dilaksanakan. Sementara, mandi setelah beraktivitas dapat membunuh kuman, bakteri, atau virus yang masih menempel di baju dan rambut. “Sesampainya di rumah, mandi bersih dulu sebelum menemui anak-anak dan keluarga kita yang dari tadi di rumah saja,” ujarnya.
 
Dokter Daeng juga melanjutkan bahwa di masa pandemi ini, keluarga juga harus menambah kewaspadaan dengan cara rutin mendisinfeksi permukaan benda-benda di rumah. “Yang didisnfeksi itu benda-benda yang paling sering dipakai. Misalnya HP, karena selalu kita pakai.”
 
Di samping itu, dr. Daeng juga merekomendasikan untuk mendisinfeksi udara karena adanya penelitian yang menyebutkan penularan COVID-19 varian delta melalui aerosol atau udara.
 
Peran Penting Ibu dalam Keluarga
Baik Srini dan dr. Daeng sepakat bahwa untuk membangun kesehatan nasional dan higienitas harus dimulai dari keluarga sebagai unit sosial terkecil dalam masyarakat. Seorang ibu yang juga merupakan aktris, pengusaha, dan Duta Sehat Dettol, Dian Sastrwardoyo membagikan pendapatnya bahwa ibu memiliki peran penting dalam tata laksana tiga kebiasaan sehat ini. “Prosedur kesehatan di rumah itu kan, biasanya dimulai dari ibu. Ibu yang mengatur dan mengarahkan semua anggota keluarga di rumah,” ujarnya. Ia menambahkan, “Kita perlu untuk terus mengingatkan orang yang kita cintai, keluarga kita, untuk mulai menerapkan kebiasaan konsisten yang bisa menjaga bangsa tetap tangguh dalam melawan pandemi.”
 
Dian memandang bahwa untuk mencapai level kesehatan yang baik, maka keluarga harus membiasakan gaya hidup sehat yang baik. “Karena cara berpikir kita kan, dari rumah,” katanya. Sehingga, bila keluarga selalu  mengajarkan tiga kebiasaan sehat, maka hal tersebut akan mengakar.
 
Gerakan Keluarga Sehat, Indonesia Kuat ini juga memberikan kontribusi termasuk edukasi langsung kepada lebih dari 1.2 juta anak sekolah. Donny Wahyudi, Head of External Communications and Community Affairs Reckitt Indonesia mengatakan, “Kami juga menyediakan puluhan ribu produk Dettol melalui layanan GrabCar Protect dari Grab sebaga official super app partner Grab, akses higienitas dengan jaringan minimarket Alfamart, hingga KG media sebagai media partner kami.” Donny juga mengajak keluarga Indonesia untuk bergabung menjadi bagian dari Duta Sehat Dettol melalui situs resmi Dettol www.keluargasehatindonesiakuat.com 
 
Baca juga:
Ajak Balita Gemar Cuci Tangan
Kulit Kering Karena Sering Cuci Tangan, Ketahui 8 Solusinya!
Menata Rumah di Masa Pandemi
Dari 1-10, Seberapa Aman Makan di Luar saat Pandemi?
 
 
LTF
FOTO: FREEPIK

 


Topic

#keluarga #kesehatan

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Lakukan 3 Kebiasaan Sehat Ini untuk Melindungi Keluarga dari Berbagai Penyakit