Mengatur Isi Kulkas Saat Listrik Padam


Foto: Pixabay


“Duh, gimana ini makanan di dalam kulkas.” “Wah, apakah bahan MPASI bekunya masih bisa dipakai?”

Inilah PR tambahan yang dipikirkan Mama saat pemadaman listrik terjadi. Mengutip dari US Food and Drug Administration, ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk memanajemen isi kulkas saat listrik padam.

Saat Listrik Padam
Ini adalah tip dasar untuk menjaga keamanan makanan selama listrik padam :
  1. Tetap tutup pintu kulkas dan freezer untuk mempertahankan suhu di dalamnya. Karena, bila telah dibuka, suhu akan berubah lebih tinggi. Kulkas dapat menyimpan makanan tetap dingin selama sekitar 4 jam bila tidak dibuka. Sementara freezer yang penuh akan menjaga suhu stabil selama 48 jam bila pintu tetap tertutup. Namun bila hanya setengah penuh, maka freezer hanya dapat mempertahankan suhu selama 24 jam.
  2. Beli es kering atau es balok untuk menjaga kulkas sedingin mungkin jika pemadaman listrik terjadi dalam waktu lama. 7-7,5 kg es dapat menjaga kulkas setinggi 1 meter tetap dingin selama dua hari.
  3. Untuk makanan yang lebih tahan lama berada di luar ruangan seperti buah jeruk, mangga, atau keju, Anda bisa mengeluarkannya saja.
 
Saat Listrik Menyala
Saatnya memanajemen makanan Anda di dalam kulkas.
  1. Pantau suhu freezer dengan termometer untuk memeriksa apakah makanan di dalamnya masih layak konsumsi. Bila termometer menunjukkan suhu 40° F atau lebih rendah, makanan tersebut aman dan dapat dibekukan kembali.
  2. Periksa setiap makanan di dalam freezer, jika makanan masih mengandung kristal es atau bersuhu 40°F (44,4°C) atau lebih rendah, maka aman untuk dibekukan atau dimasak.
  3. Periksa setiap makanan di kulkas. Bila makanan mengalami perubahan bau atau warna, segera buang saja.
  4. Makanan seperti daging, makanan laut, susu, atau unggas yang berada pada suhu di atas 40°F selama 2 jam atau lebih (atau 1 jam jika suhu di atas 90°F/32,2°C) harus segera dibuang
  5. Bersihkan kulkas dari air yang mungkin mencair saat listrik padam. 

Tip
Jika Anda berencana makan daging, unggas, ikan, atau telur dari dalam kulkas yang masih masuk ke kategori aman konsumsi, perhatikan untuk memasaknya dengan suhu yang tepat hingga tingkat kematangan yang baik, agar semua bakteri hilang.
 
(Lela Latifa)
 


Baca juga:
14 Strategi Bertahan Saat Listrik Padam
5 Makanan Ini Tidak Baik untuk Bekal Anak

 

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Mengatur Isi Kulkas Saat Listrik Padam

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia