Menumbuhkan Anak Berkepribadian Ala Keluarga Habibie



Selain dikenal akan prestasinya, BJ Habibie, Bapak Dirgantara Indonesia ini juga memiliki kisah cinta yang inspiratif. Tidak heran bila kisah Habibie – Hasri Ainun Besari, istrinya. sampai diangkat ke layar lebar. Namun, mungkin tak banyak yang tahu bagaimana mereka mendidik anak-anaknya.
 
Ternyata Habibie dan Ainun membesarkan anak-anaknya dengan memberikan banyak kebebasan. Berkat kebebasan inilah kedua putra mereka, Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie, justru menjadi anak-anak yang berkepribadian dan tertarik kepada pengetahuan.
 
Ilham berhasil menyelesaikan pendidikan di bidang ilmu aeronautika di Muenchen, Jerman dan meraih gelar Ph.D. dengan predikat summa cumlaude. Sementara, adiknya Thareq menyelesaikan pendidikan diploma inggeneur di Braunsweig, Jerman. Saat ini keduanya berprofesi sebagai pengusaha. Sang kakak mengurus PT Regio Aviasi Industri yang bergerak di bidang perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang. Sementara, sang adik memimpin biro engineering dengan klien-klien yang berasal dari luar negeri.
 
Kebebasan Bertanya
Habibie dan Ainun membiasakan anak-anaknya untuk bebas bertanya. Mereka menyadari bahwa selalu ingin tahu adalah insting anak-anak yang harus dikelola dengan baik. Anak-anak dibiasakan untuk bebas bertanya tentang apa saja yang membuat mereka penasaran karena keingintahuan dan kreativitas anak harus dibangun sejak kecil.
 
Kebebasan Berpendapat
Anak-anak dari pasangan Habibie dan Ainun diberikan kebebasan untuk mengemukakan pendapat masing-masing melalui ajakan berdiskusi di rumah. Hal ini dipandang sebagai kewajiban orang tua dalam memberi bekal kehidupan bagi kehidupan anaknya kelak.
 
Kebebasan Memilih
Walaupun menjadi anak dari seorang presiden sekaligus orang terpandang yang berhasil menyabet berbagai penghargaan, Ilham dan Thareq justru dibiasakan oleh orang tuanya untuk hidup sederhana dengan uang jajan mingguan. Anak-anak dibiarkan bebas memilih untuk membeli apa pun menggunakan uang masing-masing sekaligus melatih kemampuan mereka mengelola uang. Lantaran  hal tersebut, Ilham dan Thareq pernah harus keluar-masuk dari satu toko ke toko lain demi mendapatkan barang yang pas dengan uang yang mereka miliki sebelum membeli.
 
Nah, Ma, ternyata “kebebasan” itu tidak selalu memiliki konotasi negatif, kan? Memberikan anak-anak kebebasan yang bertanggung jawab justru menjadi bekal luar biasa bagi anak-anak kelak.

 
LELA LATIFA
FOTO: PIXABAY



Baca juga:
Menjadi Papa yang Bisa Membesarkan Anak Berprestasi Seperti BJ Habibie
6 Kemampuan yang Harus Dikembangkan pada Diri Anak Menurut BJ Habibie
Terima Kasih Bapak BJ Habibie, Selamat Jalan!

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Menumbuhkan Anak Berkepribadian Ala Keluarga Habibie

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia