6 Kemampuan yang Harus Dikembangkan pada Diri Anak Menurut BJ Habibie


 


 
Zaman terus berubah. Cara mendidik dan mengembangkan anak-anak pun juga terus mengalami penyesuaian. Di era serbadigital dan serbacepat ini, anak-anak harus memiliki keterampilan sebagai bekal untuk bersaing di masa depan. Berikut beberapa keterampilan yang harus dikembangkan pada anak-anak menurut Presiden RI ke-3 BJ Habibie, yakni:
 
1. Mengenali Diri Sendiri
Dalam perbincangan bersama Najwa Shihab dalam program tv Catatan Najwa, Habibie mengatakan bahwa sangat penting bagi anak-anak untuk mengenali dirinya sendiri. Anak-anak harus tahu apa yang menjadi minat dan bakat mereka. Dengan begitu, anak-anak dapat menjadi unggul di bidang yang digemari dan ditekuni masing-masing.
 
2. Bersosialisasi dan Bekerja sama
Habibie menuturkan pentingnya keterampilan bersosialisasi dan bekerja sama. “Harus bisa bekerja sama dalam satu tim,” ujarnya. Di era yang sangat terbuka di mana kerja kreatif dan kolaboratif menjadi kunci perkembangan zaman, maka kemampuan tersebut harus dimiliki oleh anak-anak.
 
3. Disiplin
Kemampuan mendisiplinkan diri adalah salah satu yang sangat penting. “Tidak ada gunanya IQ Anda tinggi, namun malas serta tidak memiliki disiplin.” Bagi Habibie, disiplin dirilah yang membuat seseorang mampu mendapatkan masa depan cerah.
 
4. Literasi
Kemampuan literasi sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Tumbuhkan minat membaca dan keingintahuan pada anak-anak sejak dini. Habiskan waktu dengan membaca apa pun yang ditekuni dan disukainya.
 
5. Mengelola Emosi
Ini adalah kemampuan intrapersonal penting agar anak tumbuh menjadi orang yang sukses. Mengelola emosi berarti juga mampu mengatasi perasaan lelah dan kekecewaan dari kekalahan. “Kita tidak boleh lelah dan kita tidak boleh kalah, masa depan Indonesia berada di tangan anak muda,” pesan Habibie.
 
6. Menjaga Budaya
Sekalipun hidup di dunia global, Habibie berpesan agar anak-anak tidak melepaskan akar budayanya. Habibie berpesan agar anak-anak selalu menumbuhkan kemampuan untuk terus mengembangkan kualitas budayanya.
 
 
LELA LATIFA
FOTO: PEXELS
 

Baca juga:
Terima Kasih Bapak BJ Habibie, Selamat Jalan!
6 Ciri Orang Tua yang Membesarkan Anak Sukses
Mendukung Anak Belajar Menjadi Ilmuwan

 

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

6 Kemampuan yang Harus Dikembangkan pada Diri Anak Menurut BJ Habibie

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia