Resolusi Sehat 2021: Eat This, Not That



 

Di masa pandemi seperti ini, daya tahan tubuh harus diutamakan. Oleh karenanya, konsumsi makanan sehat yang mengandung banyak vitamin dan mineral menjadi sangat penting.
 

Nah, di 2021 ini, yuk, dilanjutkan kebiasaan konsumsi makanan sehat yang sudah ada tersebut. Akan tetapi, tambahkan beberapa substitusi juga agar tak hanya daya tahan tubuh saja yang terjaga, melainkan juga kesehatan fisik secara keseluruhan, mulai dari jantung, pencernaan, tulang, serta menjaga berat badan.
 

Apa saja bahan makanan favorit Anda yang sebaiknya mulai disubstitusi di 2021?
 

  • Gula ganti dengan madu murni/kurma

Madu memiliki kandungan fruktosa dan laktosa yang lebih rendah dibandingkan dengan gula. Di samping itu, madu juga kaya mineral, antioksidan, dan beberapa jenis vitamin. Sementara, kurma dapat menstabilkan kadar gula darah dan melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit seperti masalah jantung, kanker, serta diabetes.
 

  • Butter ganti dengan avokad

Jika Anda biasa memulai hari dengan sarapan roti panggang dengan butter, cobalah beralih ke avokad tumbuk. Avokad kaya serat serta mengandung lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kolestrol. Di samping itu, avokad juga memiliki efek mengenyangkan.
 

  • Telur ganti dengan chia seeds

Biji chia termasuk makanan super. Si kecil ini kaya serat, lemak omega 3, antioksidan, dan mineral yang dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung, mengatasi radang, serta menurunkan kolestrol.
 

  • Susu sapi ganti dengan susu almond

Susu almond memiliki kandungan kalori yang 50% lebih rendah dibandingkan susu sapi. Di samping itu, susu almond juga bebas dari kandungan kolestrol atau lemak jenuh sehingga dapat menjaga berat badan Anda. Kandungan sodiumnya pun lebih rendah. Kelebihan lainnya adalah ia kaya akan asam lemak omega.
 

  • Flavored oatmeal ganti dengan unsweetened oatmeal

Oatmeal instan yang mengandung rasa secara umum memiliki gula aditif yang membuatnya jadi lebih tinggi kalori. Oleh karenanya, ganti dengan rolled oat dan Anda bisa menambahkan topping buah atau kacang-kacangan.
 

  • Mayones ganti dengan yoghurt

Dengan kandungan probiotiknya, yoghurt dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan. Yoghurt juga dapat mencegah osteoporosis, serta meningkatkan daya tahan tubuh.
 

  • Tepung roti ganti dengan rolled oat

Oat mengandung serat yang dapat menghambat penyerapan kolestrol jahat, menstabilkan gula darah, serta menjaga berat badan.
 

  • Garam ganti dengan Himalayan sea salt

Garam ini berbeda lantaran berwarna merah muda. Garam ini kaya mineral. Ada hampir 80 mineral yang berbeda di dalamnya, antara lain magnesium, kalsium, kalium, fosfor, yodium, seng, tembaga, selenium, fluoride, dan banyak lagi. Di samping itu, garam Himalaya ini juga punya manfaat untuk menghidrasi tubuh serta detoksifikasi.
 

  • Es Krim ganti dengan popsicle buah

Pilih buah kaya vitamin C seperti stroberi, blueberry, maupun kiwi, dan rendam dengan air kelapa.

 

Lakukan dengan konsisten dan diimbangi dengan berolahraga serta istirahat yang cukup, ya.

 

Baca juga:

Resolusi Sehat Bersama Pasangan

Resolusi Finansial 2021 untuk Stay at Home Mom

7 Langkah Wujudkan Resolusi Tahun Baru

Agar Resolusi Karier Tercapai

 

LELA LATIFA

FOTO: FREEPIK

 

 

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Resolusi Sehat 2021: Eat This, Not That

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia