Tetap Seru Rayakan Tahun Baru di Tengah Pandemi



 

Tahun Baru sudah di depan mata, tapi pandemi belum juga berakhir. Tentu saja hal ini akan mengubah beberapa kebiasaan yang selalu kita lakukan menjelang Tahun Baru.
 

Tahun ini, kita mungkin akan merayakan Tahun Baru hanya bersama keluarga kecil, tidak bisa berkunjung ke rumah kerabat, juga mengundang mereka ke rumah. Kita juga mungkin tidak bisa mewujudkan rencana liburan Tahun Baru yang mungkin bahkan sudah direncanakan sejak awal tahun kemarin.
 

Memang, di saat seperti ini, kita harus ikhlas, bahwa tetap berada di rumah menjadi pilihan yang paling aman di saat angka infeksi COVID-19 makin meningkat di Indonesia. Akan tetapi, bukan berarti Tahun Baru kali ini menjadi “redup”. Anda dan keluarga bisa menyimak ide merayakan Tahun Baru 2021 di rumah dari Parenting Indonesia berikut:
 

  1. Buat “Seragam” Keluarga
     

Membuat baju kembar bisa menjadi ide seru. Walaupun tak ada acara kumpul-kumpul bersama keluarga besar, tak ada salahnya, dong, untuk tetap bergaya. Lengkapi juga desain baju keluarga Anda dengan masker warna senada yang juga kembar.
 

  1. Menghias Rumah
     

Selain sekalian beres-beres rumah, Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk menghias beberapa sudut rumah agar suasana “baru” lebih terasa. Diskusikan bersama keluarga mengenai apa saja yang diperlukan dan belanjalah online. Agar belanja menjelang Tahun Baru lebih terasa real, libatkan semua keluarga untuk memilih di depan komputer, laptop, atau gadget.
 

  1. Foto Bersama
     

Tak ada yang bisa dimintai tolong untuk memotret keluarga Anda? Tenang, serahkan pada tripod yang siap sedia membantu menjepret! Saling bagikan foto keluarga masing-masing di grup keluarga besar.
 

  1. Video Call dan Tukar Kado
     

Nah, biar malam Tahun Baru makin seru, tak ada salahnya tukaran kado. Tak hanya tukaran kado dengan keluarga inti Anda saja, buat janji, yuk, dengan keluarga besar untuk saling tukaran kado juga! Anda dapat mengirimkan kadonya, setelah Tahun Baru. Di jadwal yang sudah ditentukan, Anda semua bisa melakukan video call sambil membuka kado. Sebagai ide kado, carikan kado yang fungsional ya, agar bisa terpakai!
 

  1. Barbeque Party di Rumah
     

Salah satu acara yang sering dilakukan di Malam Tahun Baru adalah barbeque-an. Pilih makanan yang disukai anak-anak, mulai dari jagung, sate, sosis, dan lainnya untuk mengisi menu. Lakukan juga acara karaoke bersama. Buat tantangan menyanyikan lagu untuk setiap anggota keluarga.
 

  1. Buat Perlombaan
     

Maraton film sudah sering, mendengarkan live music sudah, bermain kembang api juga sudah sering dilakukan di malam Tahun Baru. Bagaimana dengan membuat perlombaan? Anda dan keluarga bisa merancang lomba seru apa saja yang bisa dilakukan bersama. Ide lomba 17 Agustus-an yang seru bisa Anda sekeluarga lakukan di kebun belakang rumah, seperti lomba balap karung, makan kerupuk, memecahkan balon, balapan sendok-kelereng, atau lomba seru lainnya.
 

  1. Buat Resolusi Bersama
     

Siapa bilang resolusi hanya berlaku untuk orang dewasa? Anak-anak pun bisa juga membuat resolusi. Tulis resolusi masing-masing lalu tempelkan di suatu tempat. Dengan mengetahui resolusi masing-masing, keluarga bisa menjadi pengingat setiap saat.

 

Baca juga:

Tahun Baru Seru Bersama Anak

Jadikan Ini Resolusi Tahun Baru Anak

4 Panduan “Diam” di Rumah Saja Bersama Si Kecil

11 Ide Staycation Murah Meriah Bersama Anak

4 Ide Craft untuk Liburan Anak

7 Kegiatan Seru untuk Liburan Anak

 

LELA LATIFA

FOTO: FREEPIK


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #covid-19

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Tetap Seru Rayakan Tahun Baru di Tengah Pandemi

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia